Development of Realistic Mathematics Education (RME)-Based Student Worksheet to Improve Students' Mathematical Communication Skills

Authors

  • Samsinar Samsinar Universitas Ahmad Dahlan
  • Kunti Robiatul Mahmudah
  • Puguh Wahyu Prasetyo

DOI:

https://doi.org/10.12928/ijeme.v7i2.28729

Keywords:

LKPD, Realistic Mathematics Education, Mathematical Communication Skills

Abstract

Abstrak

Salah satu tujuan utama pembelajaran matematika adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis karena kemampuan ini sangat penting untuk menyelesaikan berbagai masalah matematika. Faktanya kemampuan komunikasi matematis peserta didik di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta masih termasuk dalam kriteria rendah berdasarkan hasil tes tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi, angket respon peserta didik, dan soal pretest dan posttest. Berdasarkan uji validitas, LKPD berbasis RME termasuk dalam kategori baik dari segi materi dengan skor rata-rata 113 dan sangat baik dari segi media dengan skor rata-rata 83. Berdasarkan angket peserta didik, LKPD berbasis RME termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 54,38 yaitu praktis. Berdasarkan hasil analisis nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, LKPD berbasis RME efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

 

Abstract

One of the main goals of learning mathematics is to improve mathematical communication skills because these skills are very important for solving various mathematical problems. The mathematical communication skills of students at SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta are still included in the low criteria based on written test results. This research aims to develop Realistic Mathematics Education-based LKPD to improve students' mathematical communication skills. This research is an R&D research using the ADDIE model. The instruments used are validation instruments, student response questionnaires, and pretest and posttest questions. Based on the validity test, the RME-based LKPD is included in the good material category with an average score of 113 and very good in terms of media with an average score of 83. Based on the students' questionnaire, RME-based LKPD is included in the good category with an average score of 54.38, which is practical. Based on the results of the analysis of posttest scores of experimental and control classes, RME-based LKPD is effectively used to improve students' mathematical communication skills. 

References

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fitriyana, N., Widada, W., & Dharmayana, I. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Jucama untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 4(1), 25–33. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2204

Irawan, C., Tri, E., & Rww, D. (2018). Developing Instructional Media Mobile Learning Based Android to Improve Learning Outcomes. In Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen (Vol. 4, Issue 3).

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal …, 1(1), 183–196. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n1_15

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Marja Van den Heuvel-Panhuizen. (2020). National Reflections on the Netherlands Didactics of Mathematics Teaching and Learning in the Context. Freudenthal Group & Freudenthal Institute.

Maulyda, M. A., Nur, A., Rosyidah, K., Fauzi, A., Hidayati, V. R., & Mataram, C. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2400–2414.

Nasri, R., & Jamaan, E. Z. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(1), 140–148. https://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12051

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Library of Congress Cataloguing.

Nguyen, G. T. C., & Pham, C. T. H. (2023). An empirical study of factors influencing primary school teachers’ long-term commitment to Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 14(1), 1–18. https://doi.org/10.22342/jme.v14i1.pp1-18

Nur, I., & Fitri, I. (2023). Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pengembangan. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(4), 411–420.

Palinussa, A. L., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2021). Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 522–534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640

Pamungkas, A., & Rokhima, N. (2023). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Pendektan PMRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesi, 12(1), 154–165. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca/article/view/3919

Paroqi, L. L., Mursalin, M., & Marhami, M. (2020). The Implementation of Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Communication Ability in Statistics Course. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(10), 879–889. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i10.3311

Putri, S. K., Hasratuddin, H., & Syahputra, E. (2019). Development of Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education to Improve Students’ Spatial Ability and Motivation. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 393–400. https://doi.org/10.29333/iejme/5729

Risfalidah, Rosidin, U., & Sutiarso, S. (2019). Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Ditinjau Dari Disposisi Dan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jppm, 12(2), 271–283. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/6171

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112–122. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1757807&val=18718&title=Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar

Sitepu, R. Z. M. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Dengan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Di SMA Negeri 2 Kabanjahe. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D) (3rd ed.). Alfabeta.

Syamsir, N. F., & Noviarni, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Probing-Prompting untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 171. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5642

Tong, D. H., & Uyen, B. P. (2022). The efficacy of a four-stage learning model incorporating ACODESA method and mind map in fostering students’ mathematical communication skills: A data report. Frontiers in Education, 7(November), 1–8. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.1074096

Untayana, J. R., & Harta, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Limit Berbasis Pendekatan Saintifik Berorientasi Prestasi Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 45.

Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Wirevenska, I., Harleni, S., Mardiati, & Trg, S. B. (2021). Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 7(1), 83–88.

Yulianti, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Karakter Nasionalis dengan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika …. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/mathedu/article/view/4188

Zaditania, A. P., & Ruli, R. M. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 328–336. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1997

Published

2023-09-30

How to Cite

Samsinar, S., Mahmudah, K. R., & Prasetyo, P. W. (2023). Development of Realistic Mathematics Education (RME)-Based Student Worksheet to Improve Students’ Mathematical Communication Skills. International Journal on Emerging Mathematics Education, 7(2). https://doi.org/10.12928/ijeme.v7i2.28729