PENGENDALI MOTOR INDUKSI 1 FASA DENGAN METODE PWM SINUSOIDA BERBASIS MIKROKONTROLER 68HC11

Muchlas Muchlas, Supri Supri

Abstract


Pada pengendalian motor induksi yang dilakukan secara konvensional tidak diperoleh pengaturan yang kontinyu dan linier, sehingga perlu dilakukan penelitian tentang pengendalian motor induksi dengan teknik inverter. Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan dan evaluasi unjuk kerja pengendalian motor induksi satu fasa dengan metode PWM sunusoida berbasis mikrokontroler. Pengendalian menggunakan rangkaian jembatan inverter jenis PWM-VSI (DC-Link inverter) dengan teknik modulasi PWM menggunakan mikrokontroler 68HC11E9, dan diharapkan dapat menggerakkan motor induksi pada kecepatan yang berbeda-beda. Pada  penelitian ini digunakan motor induksi satu fasa Z-406, 220 Volt, 50-60 Hz, 125W. Penelitian dimulai dengan pembuatan perangkat keras berupa inverter menggunakan MOSFET sebagai komponen pensaklaran dan diteruskan dengan menyusun rangkaian penggerak inverter satu fasa. Pola sinyal PWM sinusoida dibentuk dengan teknik perhitungan lima modulasi PWM yang berbeda. Dari pola gelombang tersebut dibuat program pembangkit pulsa PWM satu fasa dan perangkat pendukungnya. Selanjutnya dilakukan pengamatan bentuk gelombang PWM keluaran MCU, tegangan, arus keluaran inverter dan mengukur kecepatan putar motor untuk lima indeks modulasi, yaitu (1), (0,81), (0,59), (0,37), dan (0,15). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan kecepatan putar motor induksi untuk frekuensi tetap 50 Hz dengan 5 indeks modulasi berbeda dengan metode PWM sinusoida berbasis mikrokontroler dapat menghasilkan putaran motor yang bervariasi. 


Keywords


Motor induksi satu fasa, PWM sinusoida, Mikrokontroler 68HC11E9

Full Text:

PDF

References


Dewan, S.B., Slemon, G. R., and Strause, A., “Power Semiconductor Drives”, John Wiley  Sons, Inc., New York, 1994.

Gendroyono “Sistem Penggerak Motor Induksi Dengan Beban Berubah Menggunakan Inverter PWM Berbasis Mikrokontroler”, Tesis S-2, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 1999,.

Rashid, M, H., “Elektronika Daya : Rangkaian, Divais Dan Aplikasinya” PT Prenhallindo, Jakarta, 1993.

Sugiono, “Teknik Penghilangan Harmonisa Pada Inverter Satu Fasa Dengan Mikroprosesor Sebagai Pembangkit Sinyal Kendali”, Skripsi S-1, Institut Teknologi Bandung, Bandung, 1988