Sistem Penentuan Sudut Diam Granul Menggunakan Metode Pengolahan Citra Berbasis Android

Aditiya Dwi Candra, Abdul Fadlil

Abstract


Granul merupakan sejenis butiran kecil sebagai bahan dasar untuk membuat tablet dan obat-obatan lainnya. Kualitas granul dapat dilakukan dengan mengukur antara lain waktu alir, sudut diam, dan pengetapan tablet. Nilai sudut diam menunjukkan kualitas granul dengan nilai sudut diam yang baik antara 28° sampai 42°. Metode untuk menghitung sudut diam selama ini masih dengan eksekusi manual maka pada penelitian ini dikembangkan aplikasi di smartphone dengan teknik pengolahan citra. Perancangan aplikasi ini dilakukan dengan teknik pengolahan citra dengan melakukan perhitungan nilai sudut diam granul dari citra asli red, green, blue konversi ke bentuk grayscale serta ke format citra biner (thresholding) serta akan dilakukan proses cropping untuk memotong bagian tertentu objek citra. Proses pengambilan citra dilakukan menggunakan kamera dan galeri smartphone Android. Software yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan Android Studio. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sudut diam dalam pengujian manual untuk granul hijau adalah 35,56°, granul merah adalah 3489°, dan granul kuning adalah 31,18°. Nilai rata-rata dari sudut diam dalam pengujian otomatis untuk granul hijau adalah 34,34°, granul merah adalah 33,35°, dan granul kuning adalah 29,80°. Hasil perbandingan antara manual dan otomatis didapatkan nilai akurasi mencapai 96,55% untuk granul hijau, granul merah yaitu 95,56%, dan untuk granul kuning 95,69%. Diharapkan penelitian ini bisa dibuat lebih akurat sehingga dapat mempermudah dalam perhitungan sudut diam granul.


Full Text:

PDF

References


Ansel, H.C. (1999). Pengantar Benluk Sediaan Farmasi, diterjemahkan oleh Ibrahim, F. Jakarta: Universitas Press.

Cartensen, J. T. (1997). Pharmaceutics of Solid and Solid Dosage Forms. New York: Publication Jhon Wiley and Sons, 209-214.

Muhlis, M. (2013). Diktat Kuliah Farmasetika. Yogyakarta: Faruad-jogja.

Sutoyo, T., Mulyanto, E., Suhatono, V., Nurhayati, O. D., & Wijanarto. (2009). Teori Pengolahan Citra Digital. Semarang : Penerbit Andi.

Achmad, B. & Firdausy, K. (2005). Pengolahan Citra Digital menggunakan DELPHI. Yogyakarta: Ardi Publishing.

Informatika. (2013). Operasi Cropping. Diperoleh dari: http://informatika.web.id/operasi-cropping.html. (Diakses pada 29 Juli 2017).

Jadibaru. (2015). Pengenalan Android Studio. Diperoleh dari: http://www.jadibaru.com/android/pengenalan-android-studio-2. (Diakses 18 Juli2017)

Sugihartini, N.,Setianto, A.B., & Efiana, N.A. (2013). Formulasi Dan Teknologi Sediaan Padat. Yogyakarta: Laboratorium Teknologi Farmasi Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jiteki.v3i2.7419

Article Metrics

Abstract view : 604 times
PDF - 5707 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI)
ISSN 2338-3070 (print) | 2338-3062 (online)
Organized by Electrical Engineering Department - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/jiteki
Email 1: jiteki@ee.uad.ac.id (publication issues)
Email 2: sonali@ee.uad.ac.id (info and paper handling issues)

Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License


View JITEKI stat