Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital

H.B.A. Jayawardana

Abstract


Kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan oleh guru dengan siswa di sekolahan dikenal dengan istilah pembelajaran. Kualitas pembelajaran akan optimal apabila proses pembelajaran berpusat pada siswa (student centered instruction), bukan berpusat pada guru (teacher centered instruction). Proses pembelajaran sebaiknya juga dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan, termasuk pada pembelajaran biologi. Anggapan bahwa pelajaran biologi merupakan sesuatu yang menakutkan, sulit dimengerti karena banyak dikombinasi dengan istilah Latin atau bahasa ilmiah, dan juga membosankan karena banyaknya materi, perlu segera diluruskan. Stigma negatif pada pelajaran biologi tersebut salah satu penyebabnya karena pembelajaran dilakukan dengan metode-metode konvensional dan cenderung monoton. Di era digitital seperti sekarang ini, guru sebaiknya mempunyai paradigma yang baru terhadap pembelajaran biologi. Sudah saatnya guru memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet sebagai sarana pembelajaran biologi. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana merubah paradigma lama menuju paradigma baru dalam pembelajaran biologi di era digital? Bagaimana menerapkan pembelajaran biologi di era digital? Dan bagaimana segi positif maupun negatifnya pembelajaran digital? Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan benang merah yang akan dibahas dalam artikel ini.


Keywords


paradigma; pembelajaran biologi; pembelajaran digital; era digital

Full Text:

PDF

References


Anjana, Nitro & Agung, Yudha Anggana. (2013). Pengembangan Media Presentasi Teknik Digital Sebagai Penunjang Mata Diklat Teknik Mikroprosesor untuk SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 02 Nomor 03 Tahun 2013, 1011 – 1016

Bagus, Lorens. (2005). Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia

Carrol, Nancy. (2012). Using Google Hangout in Education. Diakses dari http://teachingiselementary.blogspot.co.id/2012/06/using-google-hangout-in-education-part.html pada tanggal 20 Desember 2016 pukul 11.15 WIB

Daiute, Collete. (2013). Educational Uses of the Digital World for Human Development. LEARNing Landscapes Journal Vol. 6 No. 2, Spring 2013

Dinata, Yogi Nurcahyo. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Autocad. Skripsi. Yogyakarta: UNY

Dreon, Oliver; Kerper, Richard M.; & Landis, Jon. (2011). Digital Storytelling: A Tool for Teaching and Learning in the YouTube Generation. Middle School Journal Vol. 42 No. 5, May 2011

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia

Hamka. (2015). Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran pada Mahasiswa IAIN Palu. Jurnal Studia Islamika Vol. 12, No. 1, Juni 2015: 95-119

Jainuri, M. (2016). Pembelajaran Konvensional. https://www.academia.edu/6942550/Pembelajaran_Konvensional diakses pada tanggal 23/11/2016 pukul 16.10 WIB

Jayawardana, H.B.A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Guided Inquiry terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 2 Banguntapan. Jurnal Bioedukatika Vol. 3 No. 2 Desember 2015

Kemkominfo. (2014). Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker diakses pada tanggal 23/11/2016 pukul 15.40 WIB

Kurniawan, Deni. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta

Muliartha, I Wayan. (2010). Eksplorasi Pemikiran Tentang Paradigma, Konsep, Dalil, dan Teori. Buleleng: Undiksha

Raven, Peter H. & Johnson, George B. (2002). Biology 6th Edition. Boston: McGraw-Hill

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Selvianus S.; Riastanti, Putu; & Widayanti, Manik. (2013). Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan tutor sebaya terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari motivasi belajar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 Tahun 2013

Sjamsuar, Zumri Bestado. (2003). Paradigma Manusia Surya: Membongkar Mitos Parokhialitas Sumber Daya Manusia. Pontianak: Yayasan Insan Cita

Subaryana. (2005). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta : IKIP PGRI Wates

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Suparno, Paul. (1997). Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Umam, Kaiful. (2013). Penerapan Media Digital dalam Pembelajaran Apresiasi Batik Kelas X SMA Negeri 1 Blega. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Vol. 1 Nomor 1 Tahun 2013, 100-105

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) No. 23 Tahun 2003

Weaver, Barbara E. & Nilson, Linda B. (2005). Notebooks in Class: What are They Good for? What Can You Do with Them?. New Directions in Teaching and Learning, Vol 101, pp 3–13.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print)
ISSN 2541-5646 (Online)

Published by Universitas Ahmad Dahlan


View J.BIOEDUKATIKA Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.