Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah

Muhammad Joko Susilo

Abstract


Media pembelajaran berperan penting dalam proses pembelajaran. Keberadaannya mampu menghantarkan siswa menuju proses pembelajaran yang utuh. Media pembelajaran yang berbasis alam diharapkan mampu membangkitkan semangat siswa, dalam hal ini yaitu media pembelajaran insektarium dan herbarium. Meskipun demikian, kualitas media tersebut tetap dinomor satukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dalam bentuk insektarium dan herbarium dari penelitian mahasiswa.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan kajian laporan hasil penelitian. Metode yang dilakukan yaitu dengan Comparative of Result Experiment (CRE), kemudian dianalisis secara mendalam terhadap kualitas media pembelajaran yang meliputi aspek kesesuaian dengan kurikulum, kualitas materi, kesesuaian bahasa, penyajian, kemudahan,dan manfaat dari media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis kualitas media pembelajaraninsektarium dan herbarium memenuhi tuntutan kompetensi dalam Kurikulum 2013, khususnya pada KD 3.8 dan KD 3.3 pada jenjang Sekolah Menengah. Ditinjau dari berbagai aspek, media insektarium dan herbarium pada aspek kualitas materi memperoleh skor rata-rata 97.83%, kesesuaian bahasa 100%, penyajian 98.34%, kemudahan 94.20%, dan manfaat 98.66%. Secara keseluruhan media insektarium dan herbarium yang dikembangkan memenuhi syarat sebagai bahan ajar yang berkualitas dengan kualitas baik dan layak digunakan untuk menunjang pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Sudarmin, dan Titi Widianti. 2014. Efektivitas Penggunaan Herbarium dan Insektarium Pada Tema Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Suplemen Media Pembelajaran IPA Terpadu Kelas VII MTs. Unnes Sciences Education Journal. 3(2): Semarang.

Anggraeni, Nofita. Pengembangan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Yogyakarta: UAD.

Arrijani. 2005. Penggunaan Media Herbarium, Kartu Botani dan Ilustrasi Tumbuhan dalam Penguasaan Materi Perkuliahan. Tondano: FMIPA UNIMA.

Arsyad, Azhar.2006. Media Pembelajran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.Jakarta : Referensi Jakarta.

Ilham Majid dan Sunarti Mulaicin. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Herbarium Pada Siswa Madrasah Aliyah Kota Ternate. Jurnal Bioedukasi. Vol 2, No 1.

Mukaromah, Fathul. 2011. Seni Insektarium Pada Serangga Bersayap. Jurnal POPT Pertama. Surabaya: BPP2TP Surabaya.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Purwanti. 2012. Herbarium. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Purwanti%20Widhy%20Hastuti,%20S.Pd.,%20M.Pd./12th%20herbarium.pdf. Diakses Tanggal 15 April 2014.

Riandi.2010. Media Pembelajaran Biologi.http://file.upi.edu/Direktori/FMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196305011988031RIANDI/Bahan_Kuliah/MediaPembelajaranBiologi.pdf.

Diakses tanggal 20 Januari 2014

Rizkyana, Aulia. Pengembangan Insektarium sebagai Media Pembelajaran Biologi Pada Materi Insekta untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Yogyakarta: UAD.

Sari, S.M. 2013. Pengembangan Insektarium Ordo Coleoptera Sebagai Media Praktikum Biologi di SMA Negeri 10 Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia