Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Microteaching Berbasis Perspekti Keterampilan Dasar Mengajar

Nani Aprilia, Muhammad Joko Susilo

Abstract


Selama ini, evaluasi pembelajaran mata kuliah pegajaran mikro (microteaching) hanya terbatas pada penialaian secara formalitas yang kurang memberikan informasi mendalam mengenai keterlaksan akan dan capain tujuan pembelajaran mata kuliah pegajaran mikro (microteaching). Sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran mengingat mata kuliah ini merupakan tahap awal untuk mengasah kompetensi calon guru sebelum diterjunkan pada PPL. Salah satu inovasi penting yang perlu dikembangkan dalam mata kuliah pengajaran mikro (microteaching) adalah pengembangan instrumen evaluasi berbasis keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro (microteaching) berbasis keterampilan dasar mengajar.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Langkah pengembangan dilakukan sebanyak empat kali yaitu: pendahuluan, pengembangan, uji lapangan dan diseminasi. Langkah pendahuluan di maksud untuk mandapat data awal baik dari pustaka maupun lapangan, kemudian pengembangan dimana pada tahap ini akan mengembangkan desain instrumen yang selanjutnya akan dilakukan ujicoba dengan melalui tahapan preliminary field test sehingga produk ini berupa instrumen evaluasi program pembelajaran mata kuliah pengajaran mikro (microteaching).
Hasil penelitian, melalui analisis data kebutuhan diperoleh bahwa 1) belum adanya penilaian untuk mata kuliah pengajaran mikro (microteaching) yang menekankan penilaian secara jelas terhadap keterampilan dasar mengajar (KDM) untuk calon praktikan PPL di FKIP UAD. 2) masukan para ahli, kisi-kisi perlu diperbaiki, lebih di integrasi pada proses pembelajaran (pembukaan, inti dan penutup) dan memasukan unsur pendekatan pada kurikulum 2013 yaitu saintifik approach. 3) data ujicoba butir (empirik) dianalisis menggunakan product moment, diperoleh ada beberapa item/ pernyataan lebih kecil dari koefisien korelasi tabel untuk tara signifikasi 5%, Namun setelah revisi, semua item pernyataan valid. 4) Sedangkan untuk hasil analisis reliabilitas dengan menggunakan Alfa Cronbach diperoleh nilai hitung koefisien reliabiltas 0,715 yang tergolong reliabilitas tinggi. 5) untuk kualitas penggunaan/ keefektifan instrumen diperoleh dari 10 penilai 6 penilai menyatakan baik dengan persentase 60%, dan 4 orang menyatakan kurang dengan persentase 50%.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Killic. 2010. Learned Centered microteaching in teacher education internasional Journal of Instruction. Diambil pada tanggal 14 Januari 2014, dari http://www.e.iji.net/dosyalar/iji20101.pdf.

Anik Ghufron, Widyastuti Purbani, & Sri Sumardiningsih. 2007. Panduan penelitian pengembangan bidang pendidikan dan pembelaaran. Yogakarta : Lembaga Penelitan UNY.

Brog, W.R & Gall, M.D. 1983. Education research an introduction (4thed). New York : Longman.

Farida Yusuf Tayibnapis. (2000). Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta.

Gileman, AS. 1991. Ketarampilan Dasar Mengajar. http://www.gurukita.com/2012/09/keterampilan -dasar -mengaar.html di unduh Januari 2013.

Riwidikdo, H. 2012. Statistik Kesehatan. Yogyakarta. Mitra Cendikia Press.

Seels, Barbara B. & Richey, Rita C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Penerjemah Dewi S. Prawiradilaga dkk. Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ.

Supriyadi. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Cakrawala Ilmu.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian kuantitatif, kulalitati dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi revisi. Jakarta:Bumi Aksara.

Universitas Ahmad Dahlan. 2010. Pedoman Pengaaran Mikro. Yogyakarta : UAD

Universitas Ahmad Dahlan. 2012. Pedoman Pengajaran Micro. Yogyakarta : UAD

Usman, Uzer. 2010. Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta

Winda Fitrivitanova, sutadi waskito, Rini Bidiharti. 2013. Pengembangan instrument tes formatif fisika kelas XI sem gasal program akselerasi. Jurnal Pendidikan Fisika Vol 1 Nomor 1. Universitas Sebelas Maret Surakarta. ISSN 2338-0691.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v2i2.4121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia