Penggunaan media pembelajaran MIVI (Media Interaktif Visual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem gerak manusia
DOI:
https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.7263Keywords:
students learning outcomes, MIVI learning media, human mechanical system, Hasil Belajar Siswa, Media Pembelajaran MIVI, Sistem Gerak ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran MIVI dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem gerak manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Experiment dengan menggunakan rancangan penelitian Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas XI MIA-7 di SMA Negeri 20 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2017-2018. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 42,70 dan skor rata-rata Posttest sebesar 82,46 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,69 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata sebesar 85 dengan kategori baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 86 dengan kategori sangat baik. Sedangkan, hasil angket dari keseluruhan siswa didapatkan respon positif sebesar 79% dengan kategori hampir seluruhnya. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran MIVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem gerak manusia.
The use of MIVI (Media Interaktif Visual) learning media to increase the students learning outcomes in the human mechanical system topic. The aim of this research is to explore the use of MIVI learning media in the increasing of students learning outcomes in the human mechanical system topic. This research uses Pre-Experiment Design method with using research design of One-Group Pretest-Posttest Design. The subjects in this research are determined by purposive sampling technic; they are students of XI MIA-7 SMA Negeri 20 Bandung in the 2017-2018 school year. The result of this research shows that in the cognitive aspect get the average point Pretest is 42,70 and Posttest is 82,46 and then the test result of N-Gain is 42,70 as medium category. Thus, the result of this research in affective aspect gets 85 point in average as well category and psychomotor gets 86 in average as very well category. Whereas, from all the students questionnaire get positive result that is 79% with all categories. From all those data of this research conclude that the use of MIVI learning media can increase the students learning outcomes in the human mechanical system topic.
References
Ahmadi, F. (2010). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 27(1).
Creswell, J. W. (2016). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hidayat, A., & Gafur, A. (2015). Pengelolaan dan pemanfaatan sumber belajar di Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 1-15. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/5200/4506
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan media visual dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1), 89-99. Diambil dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/6176/5364
Meidawati, R. (2013). Kemampuan berpikir kreatif siswa SMK Pertanian dalam pembelajaran pengelolaan lingkungan dengan problem based learning. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Munir. (2013). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Noor, A. M. (2002). Teaching Thinking Skills: Redesigning Classroom Practices. National Institute of Education Singapore, 6(6), 1511-8002. https://doi.org/10.11648/j.sjedu.20140202.12
Nuzulia, R. U., Suyanto, S., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi mekanisme kerja sistem saraf untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(6), 46-53. Diambil dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pbio/article/view/4615/4279
Rahayu, P. A. (2013). Analisis kelayakan multimedia interaktif pada materi sistem saraf manusia bagi siswa SMA kelas XI semester genap. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Rizal, A. S., Rahmat, M., & Rizal, A. S. (2016). Efektivitas Multimedia Interaktif Flash Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Talim, 14(2), 165–183. Diambil dari http://jurnal.upi.edu/file/04_EFEKTIVITAS_MULTIMEDIA_INTERAKTIF_FLASH_-_Andri_Syamsu_Rizal.pdf
Scott, L. A. (2017). 21st century skills early learning framework. Washington. Diambil dari http://www.p21.org/storage/documents/EarlyLearning_Framework/P21_ELF_Framework_Final.pdf
Shah, I., & Khan, M. (2015). Impact of Multimedia-aided Teaching on Students’ Academic Achievement and Attitude at Elementary Level. US-China Education Review A, 5(5), 349-360. https://doi.org/10.17265/2161-623X/2015.05.006
Sudjana, N. (2014). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sutarno. (2011). Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Medan Magnet Untuk MeningkatkaKeterampilan Generik Sains Mahasiswa. Jurnal Exacta, 9(1), 60-66. Diambil dari http://repository.unib.ac.id/530/
Syamsurijal. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Ft Unm Pada Mata Kuliah Elektronika Daya. Jurnal MEDTEK, 7(2), 69-80.
Widayat, W., Kasmui, K., & Sukaesih, S. (2014). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran ipa terpadu pada tema sistem gerak pada manusia. Unnes Science Education Journal, 3(2), 535-541. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/3353
Yoto, Zulkardi, & Wiyono, K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif pembelajaran teori kinetik gas berbantuan lectora inspire untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211-219. Diambil dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jipf/article/view/2626/1376
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Bioedukatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.