Pengembangan Buku Komik Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.7200

Keywords:

buku Komik, comic book, efektivitas, kepraktisan, teaching materials, validitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan komik yang valid, praktis, dan efektif pada pokok bahasan sistem peredaran darah kelas 8. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu define, desigen, develop. Pengambilan data menggunakan instrumen antara lain lembar validasi, angket keterbacaan, soal pre-test post-test, dan angket respon siswa. Uji coba produk dilakukan dengan uji coba terbatas dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba yaitu 35 siswa kelas 8A SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi. Hasil analisis terhadap aspek validitas buku komik mencapai kriteria sangat valid, aspek kepraktisan buku komik memiliki kriteria sangat baik dan menunjukkan bahwa bahan ajar buku komik tergolong praktis, aspek keefektifan buku komik masuk dalam kategori sedang. Bahan ajar buku komik sistem peredaran darah ini memiliki kriteria sangat valid, praktis dan efektif, sehingga dapat diimplementasikan secara luas dalam pembelajaran.

Development of The Circulatory System Comic Book. This research aims to produce comics that valid, practical, and effective on the subject of the circulatory system grade 8. The research was conducted in three stages ie define, design, develop. The data were collected by using instrument include validation sheet, questionnaire, pre-test and post-test, and student response questionnaire. Product trials were conducted with limited trials and large group trials. The subjects were 35 students of grade 8A SMPN 1 Kalibaru Banyuwangi. The result of the analysis on the comic book validity aspect reached the criterion very valid, the practicality aspect has very good criteria and practical, the effectiveness aspect was in the medium category. The material of this circulation comic book has very valid criteria, practical and effective, so it can be implemented widely in learning.

 

Author Biographies

Nabiela Dini Agatha, Universitas Jember, Jember, Indonesia

Pendidikan Biologi

Jekti Prihatin, Universitas Jember, Jember

Pendidikan Biologi

Erlia Narulita, Universitas Jember, Jember

Pendidikan Biologi

References

Alfaris, S. (2015). Efektivitas prestasi belajar (kognitif c1-c3) dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan tipe think pair share (TPS) siswa kelas VII materi sistem peredaran darah manusia. JUPEMASI-PBIO, 1(2), 269–272.

Ariastutik, E., Kusmayadi, T. A., & Sujadi, I. (2016). Pengembangan modul matematika berilustrasi komik pada materi skala dan perbandingan kelas VII SMP/MTs. of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 131–141.

Astutik, R. D. (2012). Pengembangan media pembelajaran membaca aksara jawa berbasis macromedia flash untuk siswa kelas VII SMP. Universitas Negeri Malang, Malang.

Istikomayanti, Y., Suwono, H., & Irawati, M. H. (2016). Pembelajaran eksperiensial group investigation (GI) sebagai upaya mengembangkan kemampuan literasi lingkungan siswa kelas IV MI. JPBI: Indonesia, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.22219/JPBI.V2I1.3372.G3961

Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan minat baca sejak dini di taman baca masyarakat. An-nafs, 1(2), 291–319.

Kurniawati, A. A., Wahyuni, S., & Putra, P. D. A. (2017). Utilizing of comic and jember’s local wisdom as integrated science learning materials. International of Social Science and Humanity, 7(1), 47–50. https://doi.org/10.18178/ijssh.2017.7.1.793

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi (sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata.

Lin, S.-F., & Lin, H. (2016). Learning nanotechnology with texts and comics: the impacts on students of different achievement levels. International of Science Education, 38(8), 1373–1391. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1191089

Lubis, H. Z., & Hasanah, R. (2016). Penggunaan media komik melalui metode learning starts with a question dalam meningkatkan hasil belajar siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) (hal. 589–593). Sumatera Utara: Muhammadiyah University Press.

Mohamad, S. R. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model penemuan terbimbing di SMP kelas VIII pada materi kubus dan balok. Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Muhammad, A. R. (2016). Peranan metode brainstorming terhadap kemampuan berpikir divergen mahasiswa politeknik negeri media kreatif makassar. Kreator, 3(1), 38–53.

Nugraha, A. (2017). Pengembangan media komik motivasi berprestasi sebagai layanan bimbingan pribadi bagi siswa SMP Muhammadiyah 1 Godean. Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(6), 465–473.

Nurlatipah, N., Juanda, A., & Maryuningsih, Y. (2015). Pengembangan media pembelajaran komik sains yang disertai foto untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 sumber pada pokok bahasan ekosistem. Scientiae Educatia: Pendidikan Sains, 4(2).

Pamuji, M. B. (2014). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran pada materi sistem saraf manusia untuk SMP/MTs kelas IX semester ganjil. Yogyakarta.

Pinasti, R. D., Fianto, A. Y. A., & Hidayat, W. (2015). Penciptaan buku komik sebagai upaya pengenalan permainan tradisional kepada remaja. ArtNouveau, 4(1), 155–162.

Rahayu, A., Sutikno, S., & Masturi, M. (2015). Pengembangan media pembelajaran hukum Newton menggunakan fotonovela berbasis kearifan lokal. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (hal. 33–37). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Septiani, A. (2013). Pengembangan bahan ajar cd interaktif materi suhu dan kalor berbentuk powerpoint materi suhu dan kalor untuk pembelajaran fisika kelas x SMA. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 2(1), 49–56. http://dx.doi.org/10.24036/pend.%20fisika.v2i1.729

Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: a brief, exploratory study. of Science Communication, 8(4), 1–17

Downloads

Published

2018-01-25

Issue

Section

Articles