Profil Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Microteaching

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5670

Keywords:

keterampilan dasar mengajar, microteaching, mahasiswa calon guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru Biologi pada matakuliah Microteaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menempuh matakuliah Microteaching. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa yang menempuh matakuliah Microteaching pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 sejumlah 190 mahasiswa. Sampel diambil secara purposif sehingga diperoleh tiga kelas sebagai sampel yaitu kelas A, B, dan C yang berjumlah 59 mahasiswa. Aspek keterampilan dasar mengajar yang dianalisis meliputi keterampilan menyusun skenario pembelajaran, membuka pelajaran, menjelaskan, bertanya, mengelola proses pembelajaran, mengadakan variasi, menggunakan media pembelajaran, memberikan penguatan, dan menutup pembelejaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi yang dilaksanakan dengan menggunakan rubrik penilaian kinerja (performance assessment). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa skor capaian keterampilan dasar mengajar pada matakuliah microteaching mengalami peningkatan pada kedua tampilan latihan mengajar. Jika dilihat dari rata-rata capaian setiap aspek maka skor keterampilan menyusun skenario pembelajaran sebesar 71.65, membuka pelajaran sebesar 69.5, menjelaskan sebesar 71.9, bertanya sebesar 71.3, mengelola proses pembelajaran sebesar 70.7, mengadakan variasi sebesar 70, menggunakan media pembelajaran sebesar 73.5, memberikan penguatan sebesar 71.7, serta keterampilan menutup pelajaran sebesar 70.8. Berdasarkan hasil tersebut, keterampilan dasar mengajar mahasiswa sudah cukup  baik pada beberapa aspek namun, pada aspek keterampilan membuka pelajaran, mengadakan variasi, dan menutup pelajaran masih perlu dilatihkan lebih lanjut.

Author Biographies

Putri Agustina, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP

Alanindra Saputra, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP

References

Agus P., N. 2006. Mengelola Kelas untuk Keberhasilan Proses Belajar Mengajar. Manajemen Pendidikan. 11(1): 92-97.

Arends, R.I. 2007. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asmadawati. 2014. Keterampilan Mengelola Kelas. Logaritma. II(2): 1-12.

Asmira, dkk. 2014. Analisis Keterampilan Bertanya oleh Guru Mata Pelajaran Sosiologi pada Kelas X MAS Khulafaur Rasyidin. (Online), (jurnal.untan.ac.id/index.php/ jpdpb/article/download/7686/7787), diakses pada 3 Januari 2017.

Brown, G. 1991. Pengajaran Mikro: Program Keterampilan Mengajar. (Terj. Laurens Kaluge). Surabaya: Erlangga.

Ermasari, dkk. 2014. Kemampuan Bertanya Guru IPA dalam Pengelolaan Pembelajaran. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. 4: 1-12. (Online), (pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa /.../857), diakses pada 3 Januari 2017.

Handayani, S. 2014. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru IPS Sekolah Dasar Melalui Penerapan Keterampilan Mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 2(1): 1-15.

Hardiyanti, K. 2015. Penerapan Keterampilan Memberi Penguatan Guru dalam Pembelajaran di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Karangsari Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulonprogo Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Mukminan, dkk. 2013. Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti): Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional dan Sumber Belajar Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Mulyatun. 2014. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Kimia (Studi pada Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Tadris Kimia). Jurnal Phenomenon. 4(1): 79-90.

Mundilarto. 2006. Pengembangan Skenario Pembelajaran Fisika Berbasis Kompetensi. Cakrawala Pendidikan. XXV(3): 393-410. (Online), (download.portalgaruda .org/article.php?...Pengembangan%20skena...), diakses pada 26 Desember 2016.

Riyana, C. 2013. Keterampilan Dasar Mengajar dan Format Penilaian Keterampilan Mengajar dalam Praktek Microteaching. Bandung: UPI.

Rustaman, N. dkk. 2006. Strategi Pembelajaran Biologi. Bandung: UPI.

Safita, R. 2012. Pelatihan Keterampilan Mengembangkan Media Pembelajaran Biologi oleh Mahasiswa Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi (Studi Kasus Matakuliah Media Pembelajaran Biologi. Edu-Bio. 3: 40-54.

Siswanto. 2010. Tingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. VIII(2): 41-51.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Syafi’I, M. 2014. Implikasi Pembelajaran Mikro dalam Pengembangan Keterampilan Mengajar di Madrasah. Religi: Jurnal Studi Islam. 5(2): 228-250.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Uniarsi, M. 2014. Penerapan Keterampilan Guru Mengadakan Variasi pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Artikel Penelitian. Pontianak: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Tim Penyusun Kurikulum Prodi P. Biologi FKIP UMS. 2015. Dokumen Kurikulum Program Studi P. Biologi FKIP UMS. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Widowati, A. 2008. Pemilihan Media Pembelajaran. Makalah. Disampaikan pada kegiatan diklat mapel UAN IPA Kabupaten Cilacap bagi Guru-Guru IPA SLTP Kabupaten Cilacap pada tanggal 4 Agustus 2008 di Balai Badan Diklat dan Perpusda Kabupaten Cilacap.

Downloads

Published

2017-06-04

Issue

Section

Articles