Persepsi dan Sikap Mahasiswa Pendidikan Biologi UMP Terhadap Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5332Keywords:
persepsi, sikap, multimedia pembelajaranAbstract
Multimedia pembelajaran merupakan mata kuliah pilihan untuk membekali calon guru terhadap penguasaan teknologi pembelajaran. Hal ini sesuai dengan learning outcomes yang dirumuskan oleh pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bahwa lulusan yang diharapkan menjadi tenaga pendidik yang berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan biologi (kompetensi pedagogik ) Keberhasilan perkuliahan dapat dilihat dari persepsi dan sikap mahasiswa dalam pembelajaran multimedia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan sikap mahasiswa terhadap mata kuliah multimedia pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi UMP berjumlah 32 orang yang mengambil mata kuliah multimedia pembelajaran pada tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumen. Instrumen yang digunakan memiliki alfa cronbach 0,83 yang berarti instrumen reliabel. Validasi dilakukan dengan expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Persepsi dan sikap mahasiswa terhadap pembelajaran multimedia dalam kategori cukup. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata persepsi mahasiswa adalah 71,93 sehingga diperoleh presentase 64,2 % yang berarti persepsi mahasiswa berada dalam kategori cukup. Sikap peserta didik terhadap pembelajaran memiliki kriteria cukup ditunjukkan dengan persentase 72,19% dengan rata-rata skor 80,85.
References
Aina, J. K. (2013). Effective Teaching and Learning in Science Education through Information and Communication Technology (ICT). Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 2(5 (Jul.-Aug.)), 43-47.
Bull. (2013). Cognitive Costructivist Theory of Multimedia: Designing Teacher-Made Interactive Digital. Journal of Creative Education Vol.4, No. 9.
Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2015). Persepsi Guru Tentang Digital Natives, Sumber Belajar Digital dan Motivasi Memanfaatkan Sumber Belajar Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3 No 1(April), 13-24.
Keengwe, J., & Hussein, F. (2013). Computer-Assisted Instruction : A Case Study of Two Charter Schools. International Journal of Information and Communication Technology Education 9(1), 70-79.
Khoiriah. (2016). The Effect of Multimedia-Based Teaching Materials in Science Toward Students' Cognitive Improvement. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5 (1), 75-82. doi: 10.15294/jpii.v5i1.5793.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press.
Mulyani, S., Liliasari, Wiji, Hana, M. N., & E.Nursa'adah. (2016). Improving Students' Generic Skill in Science Through Chemistry Learning using ICT-Based Media On Reaction Rate and Osmotic Pressure Material. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5 (1)(April), 150-156. doi: 10.15294/jpii.v5i1.5804.
Nachimutu, K., & G.Vijayakumari. (2012). Perceptions on Multimedia technology by College of Education Teachers. Journal of Education and Learning Vol. 6 (3), 167-176.
Ozdamli, F. (2011). The experiences of teacher candidates in developing instructional multimedia materials in project based learning. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15 (2011) 3810-3820.
Ozdamli, F., Hursen, C., & Ozcinar, Z. (2009). Teacher candidates' attitudes towards the instructional technologies. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1, 455-463.
Schilling, K. (2009). The Impact of Multimedia Course enhancements on Student Learning Outcomes. Journal of Education for Library and information Science 214.
Shulman. (1987). Knowledge and Teaching: foundations of the new reform. Harvard Educational Review, Vol.57, No.1,1-22.
Srinivasan, S., & Crooks, S. (2005). Multimedia in a Science Learning Environment. ProQuest Research Library, pg 151.
Tiawa, D. H., Mislan, N., Wibowo, S. A., & Sumintono, B.
(2012). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengajaran: Survei pada Guru-Guru Sains SMP di Indonesia. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam(Vol 17, No 1 (2012): Jurnal Pengajaran MIPA), 122-131.
Yazdi, & Zandkarimi. (2013). The Impact of E-learning on some Psychological Dimensions and Academic Achievement. International Journal of Education and Learning Vol.2. No.2 49-56.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Bioedukatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.