Perangkat Pembelajaran Model Cooperative Scripts Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mengeliminasi Miskonsepsi IPA pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5296Keywords:
Kooperatif, Cooperative Scripts, Pemahaman Konsep, Miskonsepsi, Sekolah Dasar.Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA di Sekolah Dasar model Cooperative Scripts dengan 4D modifikasi yang bertujuan untuk mengeliminasi Miskonsepsi pemahaman konsep IPA pada pokok bahasan materi sistem pernapasan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran valid, keterlaksanaan pembelajaran baik (3.97), kegiatan berpusat pada murid aktif. Hasil tes pemahaman konsep siswa dianalisis dengan N-gain menunjukkan pemahaman konsep IPA siswa meningkat (0.65) begitu pula dengan eliminasi Miskonsepsi siswa, sejalan dengan hasil penilaian afektif siswa menunjukkan hasil yang baik (3.9). Simpulan penelitian ini, bahwa perangkat pembelajaran IPA model Cooperative Scripts layak, dapat meningkatkan dan berpengaruh secara signifikan terhadap eliminasi Miskonsepsi pemahaman konsep IPA siswa di Sekolah Dasar.
References
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Amir, Mohammad Faisal. 2006. Mengolah dan membuat
interpretasi hasil olahan SPSS untuk penelitian ilmiah. Jakarta: Edsa.
Anderson, Lorin W., Krathwohl, David R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing. London: Addison Wesley Longman, Inc.
Bonk, Curtis. 1998. Cooperative Learning & Teaching best of Bonk Handout. Diakses melalui URL:
http://www.indiana.edu/bobwed/Handout/script.html pada tanggal 24 April 2014.
Degeng, N. S. 2013. Ilmu Pembelajaran. Bandung:Aras media.
Dimyati., Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Felder, R. M., Brent, R. (2003). Learning by Doing. Chem. Engr. Education 2003, 37, 282-283, diakses melalui http://www.ncsu.edu/felderpublic/Columns/Active.pdf per tanggal 24 April 2014.
Fraenkel. 2008. How to design and evaluate research in
education. New York: McGrow-Hill Company.
Ginnis, Paul. 2008. Trik & Taktik Mengajar. Jakarta: PT.
Macanan Jaya Cemerlang.
Hadi, S. 2007. Pengaruh Pembekalan Model Cooperative
Script Terhadap Ketrampilan Berfikir Kritis, Ketrampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Laboratorium UM. Malang: UM.
Hakim, A., Liliasari., Kadarohman, A. (2012). Student
Concept Understanding of Natural Products Chemistry in Primary and secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal of Educational Sciences, 544-553.
Ibrahim, M. 2012. Konsep, miskonsepsi dan cara pembelajarannya. Surabaya: Unipress.
Ibrahim, M. 2005. Asessmen Berkelanjutan konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya:
Unesa University Press.
Kardi, S. 2005. Mengembangkan Tes Hasil Belajar. Surabaya: Unipress.
Miller, B. 2008. The multigrade classroom: A resource
handbook for small. rural schools. Portland, OR: Northwest Regional Educational Laboratory.
Nur, M. 2010. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: UNESAUniversity Press.
Ragillusyah Zamzani, M. 2013. Pengaruh Teknik
Pembelajaran Cooperative Sript Terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Diklat Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika pada siswa kelas X Tav di SMK Negeri 1. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 02 Nomor 1 Tahun, 2013, 343-350, 348.
Sharan, S. 2012. The Handbook of Cooperative Learning.
Penerjemah: Drs. Marianto Samosir, S.H. Yogyakarta: Familia.
Slavin, R. E. 1996. “Research for Future. Research on
Cooperatng Learning and Achievement: What We Know, What We Need to Know. Contempory Educational Psychology 21, 43-69 (1996) Article no. 0004, 52. Diakses melalui http://www.emporia.edu/~hollandj/it820fa14/ar
ticle.pdf. Per tanggal 25 April 2014.
Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan : Teori dan praktik.Jakarta: Indeks.
Tamaela, Junette Cinthya. 2009. The implementation of
Cooperating Learning in Developing Students speakin Ability at SMAN1 Malang. Unpublished. Malang: UM.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Konstrutivistik. Surabaya: Pustaka Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Bioedukatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.