Peranan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau

Authors

  • Dian Samitra STKIP-PGRI Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5024

Keywords:

Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), Keterampilan Proses, Sikap ilmiah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap keterampilan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Lubuklinggau tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi siswa kelas X yang terdiri dari 9 kelas. Sampel adalah siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi berbentuk lembar observasi dan tes tertulis berbentuk uraian sebanyak 9 butir soal, dimana data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t. Untuk keterampilan proses, rata-rata keseluruhan aspek keterampilan proses siswa menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) yaitu 76,11 % dengan kategori baik. Hal ini berarti keterampilan proses siswa menggunakan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) pada kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau memperoleh kategori baik. Berdasarkan nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 45,71, nilai rata-rata tes akhir 72,16. Berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 28,14. Nilai rata-rata tes awal pada kelas kontrol adalah 45,86 dan nilai rata-rata tes akhir adalah 61,40. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t mengenai kemampuan akhir menunjukkan bahwa thitung  > ttabel  (3,52 > 1,67). Hal ini berarti ada pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau.

Author Biography

Dian Samitra, STKIP-PGRI Lubuklinggau

Progam Studi Pendidikan Biologi

References

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: BSNP.

Dumont, et.al. 2012. The nature of learning: using research to inspire practice. Pratitioner Guide From Centre for Educational research and Innovation Article. OECD Publishing.

Henikusniati. 2015. Penerapan Pembelajaran dengan

Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia SMK Negeri 3 Mataram. BIOTA Vol. VIII. No 1 Juni 2015: 37-42 Mataram: IAIN Mataram.

Higgins, Peter, Robbie Nicol, Simon Beames, Beth Christie & Roger Scrutton. 2010. Education and Culture Committee Outdoor Learning. Learning and Teaching Scotland p. 6 University of Edinburgh.

Mulyani, E.S., Marianti, A., Kartijono, N. E., Widianti, T., Saptono, S., Pukan, K. K.,Bintari, S.H. 2008. Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang. Jurusan Biologi FMIPA UNNES.

Mulyani, Sri, A. Marianti, Nugroho Edi K., Tuti W., Sigit S., Krispinus K. Pukan, Siti H., 2008. Jelajah Alam Sekitar (JAS) Pendekatan Pembelajaran Biologi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Naf’anudiniyah, Raksun Ahmad & Mertha I Gde. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kediri Lombok Barat. Jurnal Kependidikan 12 (2): 171-177. Mataram : LPPM IKIP Mataram.

Purwanto, N. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ridlo, S & Andin Irsadi. 2012. Pengembangan Nilai

Karakter Konservasi Berbasis Pembelajaran. Jurnal

Penelitian Pendidikan. Vol. 29 No. 2 2012: 145-154.

Rusmiyati, A & A. Yulianto. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menerapkan Problem Based-Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 5 Juli 2009.

Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, Yunita Kartika, et.al. 2013. Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching Pada Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Karakter dan Konservasi. Journal of Biology Education Vol. 2 No. 2 September 2013.: 165-172. Semarang:Unnes.

Simatwa, Enose M. W. 2010. Piaget’s theory of intellectual development and its implication for instructional management at presecondary school level. Academic Journals. Educational Research and Reviews Vol. 5 No. 7. Juli 2010: 366-371.

Sugiyo, Warlan, Latifah & Zaenal Abidin. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Team Game Tournament Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dan Penilaian Portofolio. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol. No. 1. Januari 2008: 236-243. Semarang:Unnes.

Winarni, Endang Widi. 2013. Perbandingan Sikap Peduli Lingkungan, Keterampilan Proses dan Pemahaman Konsep antara Siswa Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Ekspositori di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD Vol.V No.1 April 2013: 145 Jakarta:UNJ.

Yuniastuti, E. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi dengan Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 5 No. 1 Februari 2013: 31-38. Kalimantan: Kopertis Wilayah 11.

Downloads

Published

2016-12-30

Issue

Section

Articles