Implementasi Model Pembelajaran Reflektif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di Program Studi FKIP Universitas Ahmad Dahlan
DOI:
https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i1.4739Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran reflektif dalam pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran biologi di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan. Selama ini perkuliahan menggunakan presto ( presentasi total), metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan ternyata terdapat kelemahan diantaranya mahasiswa bersifat pasif sehingga berdampak pada pemahaman belajar, kurangnya pemahaman mahasiswa akan berdampak pada keterampilan yang mereka miliki pada saat pelaksanaan pembelajaran ketika mengaplikasikan strategi apa yang akan dipakai sehingga sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik. Karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran reflektif dalam pembelajaran mata kuliah strategi pembelajaran biologi. Model pembelajaran reflektif (reflective learning) memberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan analisis atau pengalaman individual yang dialami dan memfasilitasi pembelajaran dari pengalaman tersebut. Pembelajaran reflektif juga mendorong peserta didik untuk berpikir kreatif, mempertanyakan sikap dan mendorong kemandirian pembelajar. Pembelajaran reflektif melihat bahwa proses adalah produk dari berpikir dan berpikir adalah produk dari sebuah proses. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dengan empat prosedur penelitian yang di mulai dari 1) perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa peserta kuliah strategi pembelajaran biologi yang berjumlah 45 orang. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, catatan guru dan tes.
Kata kunci: model pembelajaran reflektif, pemahaman mahasiswa,strategi pembelajaran biologi
References
Anas Sudijono. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
------------.2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
________. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Fink,D.L.1999. Active Learning, Reprinted with Permission of the Oklahoma Instructional Development Program. Artikel Tersedia padahttp://www.edweb.sdsu.edu/people/bdodge/Active/ActiveLearning.html (diakses tanggal 17 Juli 2016).
Ingridwati Kurnia. 2011. Pengembangan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan reflektif mahasiswa PGSD. Tersedia : http://www.academia.edu/4889503/Pengembanganmodel-pembelajaran/2011. Di download tanggal 8 April 2015 pukul 14.10WIB.
Purwanto, M.N. 1997. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, L. 2002. Penelitian Kualitatif. Jakarta Balai Pustaka
Nana Sudjana.2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata. 2004. Kurikulum dan pembelajaran kooperatif. Bandung.
Standar Nasional Pendidikan Nomor 20 Tahun 2013.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Yogykarta: Bumi Aksara.
Suparijono, Agus. 2009. Coperative learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Swindell, ML. & Watson, J. 2006. Teaching Ethics through Self-Reflective Journaling. Mississippi State University, Journal of Social Work Values and Ethics. 3(2).1-15.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif. Jakarta : Kencana renada Media Group.
Wardhani, igak, dkk. 2007. Materi pokok penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zeichner,K & Liston,P. 1995. A Handbooks for reflektif teaching : Designed for the new and student teaching. Tersedia : http://www.iloveteaching.com//mentor/html.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Bioedukatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.