Penerapan Model Pembelajaran NHT melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa pada Matakuliah Biologi Umum
DOI:
https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i1.4734Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan mengemukakan pendapat mahasiswa yang menempuh matakuliah biologi umum dengan menerapkan model pembelajaran Number Head Together (NHT) NHT melalui Lesson study (LS). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditempuh dengan tujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran secara nyata di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan tindakan (observation) dan refleksi (reflection), pada setiap pertemuan menerapkan tahapan LS, yaitu plan, do, dan see. Berdasarkan hasil analisis data nilai pemahaman konsep mahasiswa meningkat dari siklus I ke siklus III, yaitu 70,74% pada siklus I, 80% pada siklus II dan 81,3% pada siklus III. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat mahasiswa meningkat dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I jumlah persentase nilai kemampuan mengemukakan pendapat mahasiswa sebesar 80,63%, meningkat menjadi 87,7% pada siklus II, dan sebesar 87,85% pada siklus III. Model pembelajaran NHT melalui LS mampu meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan mengemukakan pendapat mahasiswa
Kata kunci: NHT, LS, pemahaman konsep, kemampuan mengemukakan pendapatReferences
Anindawati, H.D. 2013. Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa [online] http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium/article/download/3266/229Diakses pada tanggal 17 Maret 2016.
Arends, R. I. 2007. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ibrohim. 2010. Paduan Pelaksanaan Lesson Study di KKG. Malang:Universitas Negeri Malang.
Munafiah, S. 2011. Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton dengan Menggunakan Media Pembelajaran Visual Berbasis Macromedia Flash Kelas X-1 MA AL Ahrom Karangsari Karangtengah Demak Tahun Pelajaran 2011/2012[online]http://library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=20972 Diakses pada tanggal 17 Maret 2016.
Parera, J.D. 2010. Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta: Erlangga.
Sahara, N. 2012. Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Batuatas pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua peubah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT[online] http://pendidikanmatematika.files.com/2009/03/kooperatif_tipe_nht.doc Diakses pada tanggal 17 Maret 2016.
Silangit, E. P. 2012 Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas V Melalui Metode Kooperatif Tipe NHT Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Swasta Nusantara Lubuk Pakam[online] http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMEDUndergraduate-30358BAB%20I.pdf Diakses pada tanggal 17 Maret 2016.
Susilo, dkk. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Bioedukatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.