Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Anatomi Hewan Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun 2011/2012 dan 2012/2013 Ditinjau dari Nilai Akhir Praktikum

Authors

  • Endang Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4150

Abstract

Penerapan jadwal online menyebabkan pelaksanaan praktikum di prodi pendidikan biologi FKIP UMS tahun akademik (TA) 2012/2013 mengalami perubahan waktu. Hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan sistem pelaksanaan praktikum mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,
pengawasan, dan sistem evaluasi pembelajaran praktikum yang dapat mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan praktikum Anatomi Hewan di laboratorium biologi tahun akademik 2011/2012 dan 2012/2013 ditinjau dari nilai akhir praktikum. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji rasio efektivitas untuk mengetahui seberapa besar tingkat persentase sasaran yang dicapai atas target yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan praktikum Anatomi Hewan (AH) TA 2011/2012 dan TA 2012/2013 dan Uji Mann-whitney (non parametrik) untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara pelaksanaan praktikum AH TA 2011/2012 dan 2012/2013 ditinjau dari nilai akhir praktikum. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik dokumentasi dengan mengumpulkan data pada masing-masing tahun akademik. Hasil dari uji rasio efektivitas dapat diketahui bahwa rasio efektivitas TA 2011/2012 adalah 88.08% dan rasio efektivitas TA 2012/2013 adalah 73.43%. Suatu kegiatan dikatakan efektif jika mencapai rasio efektivitas diatas seratus persen. Hasil dari uji Mann-Whitney diketahui bahwa nilai probabilitas 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak artinya ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara pelaksanaan praktikum AH di laboratorium biologi UMS pada tahun akademik 2011/2012 dan 2012/2013 ditinjau dari nilail akhir praktikum. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan praktikum AH di laboratorium biologi FKIP UMS pada TA 2011/2012 dan 2012/2013 sudah efektif namun ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara pelaksanaan praktikum AH TA 2011/2012 dan 2012/2013 ditinjau dari nilai akhir praktikum.

Author Biography

Endang Setyaningsih, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta

Pendidikan Biologi FKIP UMS

References

Djamarah, S & Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Handoko, Hani. 2003. Manajemen, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Mauhazizin, Aa Syamsul. 2012. Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips : Survey Pada Siswa Smp Di Kabupaten Purwakarta. Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmat. 2010. Mitos Jumlah Siswa Per Rombongan Belajar, Makin Sedikit Makin Baik. Tersedia di: http://gurupembaharu.com/home/mitos-jumlah-siswaper-rombongan-belajar-makin-sedikit-makin-baik/. Diakses 09;00 AM, 21/07/2014.

RMP Biologi FKIP UMS. 2014. Praktikum Anatomi Hewan. Tersedia di http://rmp.ums.ac.id/courses/detail/A420/307202P. Diakses 08;00 AM, 10/01/2014.

Subagyo, Ahmad Wito. 2000. Efektivitas Program Penanggulangan Kemiskinan dalam Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan. Yogyakarta: UGM.

Widyarani, Diana. 2011. Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips: Survey Pada Siswa Smp Di Kabupaten Purwakarta. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Yulia, S. 2012. Pengertian Hasil Belajar. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/9829/2/bab2.pdf. Diakses 08;00 AM, 20/01/2014.

Downloads

Published

2015-12-18

Issue

Section

Articles