Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara variabel sikap, kemandirian belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif biologi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Instrumen penelitian berupa angket yang digunakan untuk memperoleh data sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar siswa. Dokumentasi, digunakan untuk memperoleh nilai hasil belajar kognitif biologi. Pengumpulan data sikap, kemandirian, dan gaya belajar siswa dilakukan melalui pemberian angket (kuesioner) kepada siswa. Data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dari nilai ulangan semester. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial dengan uji korelasi product moment, regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara: (i) sikap siswa dengan hasil belajar kognitif Biologi, dengan nilai korelasi sebesar 0,621, (ii) kemandirian belajar siswa dengan hasil belajar kognitif Biologi, dengan nilai korelasi sebesar 0,579, (iii) gaya belajar siswa dengan hasil belajar kognitif Biologi, dengan nilai korelasi sebesar 0,577, (iv) sikap, kemandirian belajar dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar kognitif Biologi.
References
Ahmadi, Abu dkk. 2008. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta
Adi W. Gunawan. 2003. Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Asri Budiningsih. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2008. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Astuti R, D. 2005. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Guru Dalam Belajar Pada Guru Kelas XI SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006. Universitas Negeri Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Chareuman, Uwes Anis. 2003. Sistem Belajar Mandiri: Dapatkah Diterapkan Dalam Pola Pendidikan Konvensional? Jurnal Teknoknik. Vol. II. No. II. 2003; 82-95. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Djamarah, syaiful bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Deporter, bobby dan Mike Hernacki. 2008. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Ghufron nur, M dan Risnawita S. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Gilakjani, A P. 2012. Visual, Auditory, Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education. Vol. 2. No. 1 2012. Singapore.
Hasrul. 2009. Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal MEDTEK. Vol. 1. No. 2. Oktober 2009. Makassar. UNM.
Notoatmodjo, Soekitdjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Norjoharuddeen b. Mohd Nor. 2001. Belief, Attitudes and Emotions In Mathematics Learning. Penang: Seameo Rescam.
Muhibbin Syah. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purwanto, M. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menysusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sudjana N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya
Sunarsih, Tri. 2009. Hubungan antara Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Bimbingan Akademik terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Stikes A. Yani Yogyakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sugilar. 2000. Kesiapan Belajar Mandiri Peserta Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Vol. 1. No. 2. 2000; 13. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, M. J. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Penerbit Pinus.
Sutisna. 2010. Aspek-aspek Kemandirian Belajar dan Keterampilan-keterampilan Siswa dalam Belajar. http://sutisna.com/artikel/kependidikan/aspek-aspek-kemandirian-dan-keterampilan-keterampilansiswa-dalam-belajar. Diakses 20.09 PM, 07/03/2014.
Tahar, Irzan. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan dan Jarak Jauh. Vol. 7. No. 2. September 2006. Universitas Terbuka.
Winkel W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abad.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Bioedukatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.