Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif

Authors

  • Yuni Pantiwati Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

DOI:

https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4144

Abstract

Pemanfaatan lingkungan sekolah dengan dua pola yaitu di dalam kelas dan di luar kelas. Kegiatan di dalam kelas memperhaatikan tujuan, materi, trategi, karakter siswa, dan alokasi waktu, sedang di luar kelas dengan cara bebas, terkontrol, perorangan, dan kelompok. Model pembelajarannya menggunakan pembelajaran aktif dengan berbagai strategi dan pendekatan yang berpusat pada siswa. Pembelajaran dikemas dalam program Lesson Study, yaitu tahap Plan, Do, dan See. Dalam tahapan ini juga menanamkan kesaadaran metakognitif melalui tahapan memahami, mengendaikan, dan memanipulasi proses kognisi.

Author Biography

Yuni Pantiwati, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

Universitas Muhammadiyah Malang

References

Brown, James Wilson, AV 1983 Instruction: Tacnology, media,and Methods, Book Company: McGraw-Hill,

Flavel.1979. Metacognition and Cognitive Monitoring: a New Area of Cognitive Developmental Inquiry. American Psychologist, 34, 906-911.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sadiman, Arief, dkk. 1984. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Schramm, Wilbur, 1977. Big Media Little Media: Tolls ang verly Hills, California,

Slameto.2003.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta.

Sudjana & A. Rifai. 2000. Sumber Belajar dan Alat Pelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Syamsuri, Istamar & Ibrohim. 2011. Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: IKIP Malang

Tuu,Tulus.2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.

Warsito, B. 2008. Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik. Vol XII (01).

Downloads

Published

2015-05-09

Issue

Section

Articles