Deskripsi Hasil Perkuliahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi S1 Universitas Muhammadiyah Metro

Authors

  • Hening Widowati Universitas Muhammadiyah Metro, Metro, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4143

Abstract

Penelitian deskriptif ini dilakukan pada program studi Pendidikan Biologi pada semester ganjil dan genap 2013/2014, melalui studi dokumentasi terhadap entry pemaketan mata kuliah yang terdata dalam KRS (Kartu Rencana Studi), serta KHS/Kartu Hasil Studi mahasiswa. Diperoleh rerata paket mata kuliah maksimal/24 sks semester ganjil dan genap berhasil diprogramkan oleh 90% mahasiswa, dengan perolehan IP rerata 90% mahasiswa adalah 3,0. Capaian hasil belajar secara umum mengalami penurunan. Pada nilai A menurun 4,67%, A- menurun 6,75%, B+ menurun 1,9%. Di sisi lain terjadi kenaikan prosentase mahasiswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, yaitu terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai di bawah B termasuk nilai yang belum lulus karena permasalahan mahasiswa tertentu dengan peningkatan hampir 100%. Kondisi ini memperkuat kesimpulan terjadinya penurunan hasil perkuliahan secara keseluruhan.

Author Biography

Hening Widowati, Universitas Muhammadiyah Metro, Metro, Lampung

Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan IPA FKIP Universitas Muhammadiyah Metro

References

Anonim. 2006. Buku Pedoman Akademik Universitas Muhammadiyah Metro. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.

Anonim. 2014. Buku Pedoman Akademik Universitas Muhammadiyah Metro. Edisi Revisi. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.

Arini, N.S. 2008. Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan, Jakarta: Universitas Gunadarma.

Broussard, S.C. 2002. The Relationship Between Classroom Motivation and Academic Achievement in First and Third Grader. (Unpublished Tesis Lousiana State University).

Hakim, T. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Karwono, dan Heni Mularsih. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lorden, D.H. 2011. Effects of Profesional Development Intervention on Middle School Principals to Increase Their Knowledge of and Ability to Increase Teacher Efficacy. (Unpublished disertasi San Diego State University).

Purwanto, Ngalim. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana, 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana,Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, 2011. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tela, A. 2007. The Impact of Motivation on Students Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics Among Secondary School Student in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2), 146-156.

Yulaelawati, E. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya.

Downloads

Published

2015-05-09

Issue

Section

Articles