Deskripsi Hasil Perkuliahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi S1 Universitas Muhammadiyah Metro
DOI:
https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4143Abstract
Penelitian deskriptif ini dilakukan pada program studi Pendidikan Biologi pada semester ganjil dan genap 2013/2014, melalui studi dokumentasi terhadap entry pemaketan mata kuliah yang terdata dalam KRS (Kartu Rencana Studi), serta KHS/Kartu Hasil Studi mahasiswa. Diperoleh rerata paket mata kuliah maksimal/24 sks semester ganjil dan genap berhasil diprogramkan oleh 90% mahasiswa, dengan perolehan IP rerata 90% mahasiswa adalah 3,0. Capaian hasil belajar secara umum mengalami penurunan. Pada nilai A menurun 4,67%, A- menurun 6,75%, B+ menurun 1,9%. Di sisi lain terjadi kenaikan prosentase mahasiswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM, yaitu terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai di bawah B termasuk nilai yang belum lulus karena permasalahan mahasiswa tertentu dengan peningkatan hampir 100%. Kondisi ini memperkuat kesimpulan terjadinya penurunan hasil perkuliahan secara keseluruhan.
References
Anonim. 2006. Buku Pedoman Akademik Universitas Muhammadiyah Metro. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.
Anonim. 2014. Buku Pedoman Akademik Universitas Muhammadiyah Metro. Edisi Revisi. Metro: Universitas Muhammadiyah Metro.
Arini, N.S. 2008. Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas II SMA Negeri 99 Jakarta. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan, Jakarta: Universitas Gunadarma.
Broussard, S.C. 2002. The Relationship Between Classroom Motivation and Academic Achievement in First and Third Grader. (Unpublished Tesis Lousiana State University).
Hakim, T. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.
Karwono, dan Heni Mularsih. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Lorden, D.H. 2011. Effects of Profesional Development Intervention on Middle School Principals to Increase Their Knowledge of and Ability to Increase Teacher Efficacy. (Unpublished disertasi San Diego State University).
Purwanto, Ngalim. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana, 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana,Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprijono, 2011. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Tela, A. 2007. The Impact of Motivation on Students Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics Among Secondary School Student in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2), 146-156.
Yulaelawati, E. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Bioedukatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.