Persepsi Guru dan Siswa SD di Yogyakarta terhadap Program Conservation Scout

Authors

  • Wahyu Wida Sari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v2i2.4126

Abstract

Penanaman karakter cinta lingkungan dan pemahaman akan pentingnya konservasi perlu dilakukan sejak dini. Program conservation scout atau pandu konservasi menawarkan edukasi dan empowering siswa SD mengenai konservasi. Kegiatan ini bertempat di Pusat Studi Lingkungan, Universitas Sanata Dharma dan melibatkan 38 SD di Yogyakarta. Peserta conservation scout terdiri dari 32 guru dan 70 siswa SD.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon sekolah, persepsi guru, persepsi siswa, dan keberhasilan sekolah dalam mendukung program conservation scout. Metode yang digunakan adalah action reseach, survey, dan diskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan hasil validasi sangat baik.
Sekolah memberikan respon sangat positif (84%) terhadap program conservation scout, dari 38 sekolah yang diundang, ada 32 sekolah yang mengikuti program ini. Guru memberikan persepsi negatif (2,50), bukan pada esensi program melainkan pada teknik pelaksanaan program. Siswa memberikan persepsi positif (3,51) dan 36 dari 70 siswa berhasil melakukan peer tutoring dan kampanye mengenai konservasi. Ada 53, 12 % SD yang siswanya menjadi duta konservasi lingkungan.

Author Biography

Wahyu Wida Sari, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 1997. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Davis, Julie. (1998) “Young Children, environmental education and the future. Journal of Education and the Environment, (11).

Prawirohardjo, Sarwono. 2010. Dua Abad Mengungkap Kekayaan Flora dan Ekosistem Indonesia. Jakarta : LIPI.

Sign, H.; Rahman, S.A. 2010. An approach of environmental education by Non-Goverment Organizations (NGOs) in Biodiversity Conservation. J Soc Behav Sci 42: 144-152.

Thathong and Leopenwong. 2014. The Development of Environmental Education Activities for Forest Resources Conservation for the Youth. J Soc and Behav Sci 116:2266-2269.

Downloads

Published

2014-12-06

Issue

Section

Articles