Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester VII pada Mata Kuliah Teknologi Fermentasi melalui Implementasi Metode Eksperimen

Authors

  • Indro Prastowo Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Muhammad Joko Susilo Universitas Ahmad Dahlan
  • Novi Febrianti Universitas Ahmad Dahlan
  • Nani Aprilia Universitas Ahmad Dahlan
  • Hani Irawati Universitas Ahmad Dahlan
  • Yahya Hanafi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v2i2.4123

Abstract

Mata kuliah Teknologi Fermentasi merupakan salah satu mata kuliah pilihan pada Program Studi Pendidikan biologi Universitas Ahmad Dahlan yang bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada mahasiswa agar mampu memanfaatkan mikrobia untuk menghasilkan berbagai produk fermentasi. Selama ini pembelajaran pada mata kuliah Teknologi Fermentasi dilakukan dengan metode ceramah Penggunaan metode ceramah membuat mahasiswa pasif dan hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dilakukanlah kegiatan Lesson Study.
Aktivitas Lesson Study dibagi menjadi 3 aktivitas utama yaitu : plan, do, dan see, semua aktivitas dilakukan secara berkolaborasi antar dosen di program studi pendidikan biologi. Implementasi kegiatan Lesson Study (LS) melibatkan 1 orang dosen model dan 8 dosen sebagai observer serta 62 mahasiswa semester 7. Pada kegiatan pembelajaran mata kuliah Teknologi Fermentasi digunakan berbagai macam metode pembelajaranya yaitu: diskusi, presentasi, dan eksperimen dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Kegiatan Lesson Study dilaksanakan selama empat siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Implementasi Lesson Study hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknologi Fermentasi secara keseluruhan meningkat. Agar Lesson Study dapat berjalan dengan lancar perlu komitmen yang kuat dari seluruh dosen yang terlibat dalam kegiatan Lesson Study baik dosen model maupun para observer.

Author Biographies

Indro Prastowo, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Pendidikan Biologi FKIP UAD

Muhammad Joko Susilo, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Biologi FKIP UAD

Novi Febrianti, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Biologi FKIP UAD

Nani Aprilia, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Biologi FKIP UAD

Hani Irawati, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Biologi FKIP UAD

Yahya Hanafi, Universitas Ahmad Dahlan

Pendidikan Biologi FKIP UAD

References

Daniel Muijs dan David Reynolds. 2008. Efefective Teaching-Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Oemar Hamalik. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.

______. 2004. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Richard L.Arends. 2008. Learning To Teach-Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2014-12-06

Issue

Section

Articles