Analisis Potensi Materi Ajar Biologi SMP Berbasis pada Potensi Lokal dari Area Sungai Gajah Wong Kabupaten Bantul

Authors

  • Mohammad Joko Susilo Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v2i1.4103

Abstract

Kebutuhan akan materi pembelajaran yang berbasis pada potensi lokal belum banyak ditemukan dalam referensi/buku pegangan guru. Materi ajar yang kontekstual sangat diharapkan dalam pengembangan standar isi pada Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui potensimateri ajar biologi yang ditemukan di wilayah Kabupaten Bantul, (2) mengetahui kesesuaian temuan-temuan materi berbasis potensi lokal dengan kebutuhan materi ajar biologi SMP yang memenuhi prinsip-prinsip relevansi, adequacy, dan konsistensi, dan (3) mengetahui kualitas prototipe/desain suplemen materi ajar yang dikembangkan dengan isi/bahan materi ajar berbasis potensi lokal untuk 3 Kompetensi Dasar versi Kurikulum 2013 di jenjang SMP.
Penelitian ini didesain denganfragmen/penggalan dari penelitian pengembangan dengan langkah analisis kebutuhan dilakukan melalui penelitian eksplorasi di sungai gajah wong Kabupaten Bantul, selanjutnya dilakukan penelaahan mendalam tentang materi ajar yang ditemukan dari penelitian eksplorasi, dan dilanjutnya dengan mengembangkan prototipe suplemen materi ajar biologi SMP. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan potensi materi ajar yang ditemukan Sungai Gajah Wong cocok untuk materi klasifikasi hewan invertebrata. Selanjutnya, hasil analisis mendalam ditemukan materi ajar yang ditemukan sudah memenuhi kriteria materi ajar yang mencakup pengetahuan, sikap, dan ketrampilan juga memenuhi prinsip pengembangan materi yaitu relevansi, adequacy, dan konsistensi. Hasil pengujian kualitas suplemen materi ajar menunjukkan bahwa suplemen materi ajar klasifikasi hewan invertebrate dinyatakan layak dengan kategori baik.

Author Biography

Mohammad Joko Susilo, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Pendidikan Biologi FKIP UAD

References

Depdiknas. 2006. Panduan Pengembangan Materi pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Atas.

________. 2008. Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Palah, Darul. 2011. Makalah Materi Pembelajaran. http://darulpalah.blogspot.com/2012/11/makalahmateri-pembelajaran.html. Diakses 26 November 2014.

Prihartini, Aprilia E. 2014. Analisis Potensi Sumber Belajar IPA (Biologi) SMP Di Area Sungai Gajah Wong yang Melintasi Kabupaten Bantul untuk Penerapan KD 3.3 dan 4.3 Pada Sub Materi Klasifikasi Hewan Invertebrata. Yogyakarta: UAD.

Suratsih. 2010. Laporan Penelitian Potensi Lokal. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPA UNY.

Susilo, M. Joko. 2009. Diktat Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran. Yogyakarta: UAD.

Downloads

Published

2014-05-06

Issue

Section

Articles