Development of Integrated Biology Teaching Materials with Al-Qur'an and As-Sunnah Values in Reproductive Materials for Class XI SMA/MA Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, 2012. Hakikat Pokok-pokok dan Buah Iman berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah. Jakarta: Darul Haq
Agusti, D., Rahmatan, H & Sulastri. 2019. Development of Reproductive System Module with Al-Qur’an/Hadith to Improve Motivation and Student Learning Outcome. Edu sains, 11(1), 132—140. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.10270
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Alisman. 2014. Analasis Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Keuangan Di Aceh Barat. Jurnal. Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia, 1 (2), 48-54. http://jurnal.unsyiah.ac.id/EKaPI/issue.
Amri, MN., Al Rasyidin & Imran, 2017. Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Biologi Di SMA Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Jurnal Edu Riligia: 1(4), 487-501. DOI: 10.47006/er.v1i4.1067
Amri, S. dan Khoiru, A. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Andreas, A., Situmorang, RP., & Hastuti, S., 2019. The development of learning song-integrated module based on flipped learning model to improve self-regulated learning and Cognitive learning outcome of junior high school student. JURNAL BIOEDUKATIKA,7(2), 97 – 106. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v7i2.12713
Anshori, I. (2021). Problem-Based Learning Remodelling Using Islamic Values Integration and Sociological Research in Madrasas. International Journal of Instruction, 14(2), 421-442. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14224a
Azyumardi, A. 2012. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Az-Zafi, A. 2020. Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Al-Qur’an Dalam Pendidikan Islam, Jurnal Studi Ilmu-ilmu al-Qur’an dan Hadis. 21(1 ), 23-46. doi:10.14421/qh.2020.2101-02
Badan Standar Nasional Pendidikan, 2008. Pengembangan Penilaian. Jakarta
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:
Desriyani, Yudianto& Supriatno, 2018. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Bermuatan Nilai dalam Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA, Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education (Online) 1(2): 52-56 homepage: http://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi
Fahyuni, E.F.,Wasis.,Bandono, A., Arifin,M.B.U.B. 2020. Integrating Islam Values And Science For Millenial Students, Learning On Using Seamless Mobile Media, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,9 (2), 231-240. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23209
Fitriansyah., Arifina,YF & Biyatmoko, D. 2018. Validitas buku ilmiah populer tentang echinodermata di Pulau Sembilan kotabaru untuk siswa SMA di kawasan pesisir . JURNAL BIOEDUKATIKA, 6(1), 31 – 39. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v6i1.9423
Hamzah, F. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam Sains pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madarasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.21070/ja.v1i1.163,
Hartanti,D.,Sajidan., & Prayitno, BA. 2019. Pengembangan modul discovery learning struktur tumbuhan dengan memanfaatkan potensi lokal umbul tlatar untuk meningkatkan regulasi diri dan sikap kepedulian lingkungan siswa SMA JURNAL BIOEDUKATIK. 7(1) 19 | 27 – 38. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v7i1.12532
Hanif, Ibrohim, dan Rohman. 2016.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inkuiri terbimbing terintegrasi Nilai Nilai Islam Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA.Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Volume: 1(1), 2163—2171. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8042
Dewi FR., Nurul N., & Gloria RY. 2016. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis IMTAQ
Pada Konsep Ekosistem Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 1 Jamblang. Scientiae Educatia, Jurnal Pendidikan Sains. DOI : 10.24235/sc.educatia.v4i2.489
Gunawan, H. 2014. Pendidikan Islam Kajian Tioritis dan Pemikiran Tokoh, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Irmania, N., Raharjo & Suyono. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Terintagrasi Imtaq Pada Materi Vertebrata Sesuai Kurikulum 2013 Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2). DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p983-990
Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 179-194. https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194
Irawati, H. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA dengan Tema“Pencemaran Lingkungan†untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP, JURNAL BIOEDUKATIKA 3 (1), 16-20. DOI:10.26555/bioedukatika.v3i1.4142
Hardini, I., & Puspitasari, D .2012. Strategi Pembelajaran Tepadu.Yogyakarta: FAMILIA.
Khusnah, Ibrohim & Ghofur. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Salingtemas dan Inkuiri Terbimbing untuk Membentuk Pemahaman Terintegrasi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 3(4),149-157. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v3i4.8125
Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. 2017. Penumbuhan Karakter Islami melalui Pembelajaran Fisika Berbasis Integrasi Sains-Islam Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah,2 (1),19-31. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1735
Latifah, S. 2015. Pengembangan Modul IPATerpadu TerintegrasiAyat-Ayat Al-qur’an Pada Materi Air sebagai sumberKehidupan, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi,4 (2), 155-164. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.89
Sri Mardayani, Hamdi & Murtiani, 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Ayat Al-Quran Pada Materi Gerak Untuk Pembelajaran Siswa Kelas X SMA, Jurnal Pilar Of Physics Education, 1. 39-47. DOI: http://dx.doi.org/10.24036/1067171074
McGriff, S. J. (2000). Instructional System Design (ISD): Using the ADDIE Model. https://www.lib.purdue.edu/sites/default/files/directory/butler38/ADDIE.pdf
Meltzer, D.E. (2002). The Relationship Between Mathemativs Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: a Possible Hidden Variabele in Diagnostic Pretes Score. Am.J.Phys.70. (2). 1259 1267.[Online], http://www.physics.lateste.edu/per/does/addedum_on_normalizegain.pdf
Nafila, NH., Azmi, N., & Muspiroh, N. 2016. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Iman Taqwa (Imtaq) Pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri Ciwaringin.Scientiae Educatia, Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5(2), 136-143. DOI: 10.24235/sc.educatia.v5i2.960
Prastowo A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Purwanto, 2012. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prihatin, J., Naurah, NN., & Fikri, K. 2019. The development of Organization of Living Things Module Through the Use of mnemonic and mind mapping method using brain-based learning approach for junior high school natural science learning in coastal area. JURNAL BIOEDUKATIKA,7 (2),76 – 84. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v7i2.11132
Putri, A.E.,Ramli,M., & Suciati, S. 2017. Kelayakan Modul Animalia Kontekstual Berbasis Level of Inquiry Untuk Siswa SMA di Wilayah Pesisir. JURNAL BIOEDUKATIKA, 5 ( 2), 39-45 DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i2.6482.
Sugiono, 2016. Metode Penelitian & Pengembangan. Research and Development, Bandung: Alfabeta
Suryaningsih Y, 2016. Implementasi Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa, Jurnal Bio Educatio, 1(1), 64-71.
Tahani Salman Alrajeh (2021). Project-based Learning to Enhance Pre-service Teachers' Teaching Skills in Science Education. Universal Journal of Educational Research, 9(2), 271 - 279. DOI: 10.13189/ujer.2021.090202
Taqiyuddin, M. 2021. Hubungan Islam dan Sains : Tawaran Syed Muhammad Naquib Al Attas. in ISLAMADINA • April 2021 DOI: 10.30595/islamadina.v22i1.7216
Thayyarah, N. (2014). Sains Dalam Al-Qur’an. Jakarta: Penerbit Zaman
Triyanti, M. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Sistem Saraf
untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas XI. JURNAL BIOEDUKATIKA,3(2), 9-14. DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4148
Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Winarti, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Integrasi Islam-Sains Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Spritual Madrasah Aliyah, 1(2),54 – 60. DOI: http://doi.org/10.25273/jpfk.v1i2.12
Yudianto. A.S. 2005. Manajemen Alam Sumber Pendidikan Nilai. Bandung: Mughni Sejahtera
Yusuf M K. 2017. Tafsir Tarbawin Pesan-Pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan. Jakarta:Hamzah.
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v10i3.23520
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia