PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR UNTUK MATA KULIAH LOGIKA MATEMATIKA DAN HIMPUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Syariful Fahmi, Soffi Widyanesti Priwantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran untuk mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah Logika Matematika dan Himpunan, serta bagaimana kualitas media pembelajaran yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall yang meliputi: (1) analisis standar isi, (2) pengumpulan referensi media  interaktif, (3) penyusunan rancangan media interaktif, dan (4) pembuatan media interaktif berupa cakram digital (CD).  Media pembelajaran dilakukan validasi  kepada ahli media, ahli materi dan mahasiswa peserta mata kuliah Logika Matematika dan Himpunan kelas D tahun ajaran 2017/2018. Penggunaan media pembelajaran dalam belajar Logika Matematika dan Himpunan memegang peranan penting sebagai salah satu alat untuk membantu mahasiswa mengembangkan daya logikanya serta mempertinggi mutu belajar-mengajar.


Keywords


Adobe Flash CS3, Media Pembelajaran Interaktif, Logika Matematika dan Himpunan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Syariful Fahmi, Soffi Widyanesti Priwantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com