PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Nur Hidayah, Satrianawati Satrianawati

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan pendidikan (educational research and development) dengan tujuan yang diharapkan adalah adanya produk dari penelitian yang dilakukan berupa pengembangan model project based learning pada pembelajaran matematika yang dapat digunakan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah dasar inklusi. Sasaran penelitian pengembangan ini adalah meningkatnya aktivitas dan motivasi belajar matematika siswa di sekolah dasar inklusi. Hasil Penelitian menunjukkan langkah-langkah yang paling efektif dalam mengembangkan model project based adalah menganalisis kebutuhan, mendesain pengembangan, memproduksi/ mengembangkan model project based learning, melakukan evaluasi pengembangan, dan melakukan uji coba lapangan dan kualitas pengembangan model project based learning yang dikembangkan menurut penilaian ahli pengembangan model termasuk kriteria “sangat baik†dengan rerata skor 5, menurut ahli pembelajaran termasuk kriteria “baik†dengan rerata skor 4,3.

Keywords


pengembangan model project based learning, pembelajaran, matematika, pendidikan inklusi, & sekolah inklusi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v7i2.9157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Hidayah, Satrianawati Satrianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com