DISKRITISASI EQUAL-WIDTH INTERVAL PADA NAIVE BAYES (STUDI KASUS: KLASIFIKASI PASIEN TBC)

Hariyani Hariyani, Sugiyarto Surono

Abstract


Klasifikasi Naive Bayes merupakan teknik untuk memprediksi probabilitas keanggotaan suatu kelas dengan menerapkan teorema Bayes. Klasifikasi Naive Bayes akan lebih baik jika menggunakan data yang berbentuk kategorik, sehingga dalam penelitian ini digunakan diskritisasi equal-width interval pada Naive Bayes untuk mengubah data yang berbentuk numerik menjadi kategorik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Naive Bayes dengan diskritisasi equal-width interval dalam mengklasifikasi pasien TBC di Puskesmas Sewon 1. Hasil penelitian ini menunjukkan akurasi sebesar 100% dengan perbandingan data training dan data testing sebesar 80%:20% dan 90%:10%, sehingga klasifikasi Naive Bayes dapat dikategorikan baik dalam mengklasifikasi pasien TBC.


Full Text:

PDF

References


Asroni, Nadiyah M. A., dan Slamet R. 2018. Perkiraan Masa Tunggu Alumni Mendapatkan Pekerjaan menggunakan Metode Prediksi Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Classifier. Semesta Teknika. Vol. 21, No. 2, 189-197.

Basica, Warih Maharani, Intan Nurma Yulita. 2012. Analisis dan Implementasi Genetic Algoritma Fuzzy Discretization untuk Naive Bayes Classifier [Tugas Akhir]. Bandung(ID): Universitas Telkom.

Han, Jiawei, Michelin K., and Jian P. 2012. Data Mining Concepts and Techniques. USA: Elsevier.

Handayanna, Frisma, dkk. 2017. Prediksi Penyakit Diabetes menggunakan Naive Bayes dengan Optimasi Parameter menggunakan Algoritma Genetika. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (KNiST), pp.71-76.

Nafiiyah, Nur dan Siti Mujilahwati. 2018. Analisis Algoritma Backpropagation dan Naive Bayes dalam Identifikasi Jenis Kelamin Manusia Berdasarkan Foto Panoramik Gigi. Seminar Nasional Sistem Informasi 2018.

Papoulis, Athanasios. 1992. Probabilitas, Variabel random, dan Proses Stokastik. Diterjemahkan oleh Dr. Subanar. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Saleh, Alfa. 2015. Implementasi Metode Klasifikasi Naive Bayes dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga. Citec Journal. Vol. 2, No. 3.

Salmi, Nafizatus and Zuherman Rustam. 2019. Naive Bayes Classifier Models for Predicting the Colon Cancer. 9th Annual Basic Science International Conference 2019.

Vembandasamy, K., dkk. 2015. Heart Diseases Detection Using Naïve Bayes Algorithm. International Journal of Innovative Science, Engineering and Technology. Vol. 2 Issue 9.

Walpole, Ronald E. dan Raymond H. Myers. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuwan. Diterjemahkan oleh R. K. sembiring. Bandung: Penerbit ITB.

Wiley. 2015. Data Science and Big Data Analytics. Canada: John Wiley and Sons, Inc

Zaki, Mohammed J. and Wagner M. Jr. 2014. Data Mining and Analysis: Fundamental Concepts and Algorithms. New York: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v10i2.20129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hariyani Hariyani, Sugiyarto Surono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com