MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL MATERI NILAI MUTLAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul pada mata kuliah analisis real materi nilai mutlak dengan menggunakan e-modul dapat memperoleh informasi tanpa banyak membuang waktu dan bisa dibawa kemana-mana agar tercapai pembelajaran yang efektif dan menarik. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket, dan tes. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,52 dari rata-rata skor tertinggi 4.00. Penilaian ahli media terhadap e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,50. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh 10 mahasiswa memperoleh skor rata-rata 3,46 dari skor tertinggi dengan rata-rata 4.00 berdasarkan hasil dari angket respon yang telah diisi oleh mahasiswa, hasil ini menempatkan e-modul pada kriteria sangat menarik. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 mahasiswa skor rata-rata kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,51 sangat menarik. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan uji effect size dengan hasil 0,71 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbantuan software 3D PageFlip Professional pada mata kuliah analisis real materi nilai mutlak layak dan efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Zainal, and Sikky El Walida, 2017, Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, Effective) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Geometri Transformasi Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Dan Kompetensi Mahasiswa, Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya
Aini, Asro Nur, Bambang Sri Anggoro, and Fredi Ganda Putra, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Berbantuan Sparkol, UNION : Jurnal Pendidikan Matematika
Darmawan, D, 2012. Inovasi Pendidikan: Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
JH, Taufik Solihudin, 2018, Pengembangan E-Modul Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis SMA, Jurnal Wahana Pendidikan Fisika
Pujiriyanto, 2012, Teknologi Untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press
Saputro, Titon Agung, Kriswandani, and Novisita Ratu, 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Mengunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII, Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika
Shanley, L. (2016), Evaluating Longitudinal Mathematic Achievement Growth: Modeling and Measurement Considerations for Assessing Academic Progress,. Educational Researcher
Ula, Iin Rahmatul, and Abi Fadila, 2018, Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan Pola Bilangan SMP, Desimal: Jurnal Matematika
Yaqin, Ainul, and Rochmawati, 2017, Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Sebagai Pendukung Bahan Ajar Pada Materi Pph Pasal 21, Jurnal Pendidikan Akuntansi
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v11i1.15603
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ade Marganda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.