Penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) sebagai upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v13i1.23200Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar, STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Penelitian Tindakan Kelas digunakan sebagai metode penelitian berdasarkan model Kemmis dan McTaggart. Paradigma ini dimulai dengan perencanaan, kemudian ke tindakan, kemudian ke observasi, dan akhirnya ke kegiatan refleksi dan penilaian. Dalam dua siklus, penelitian ini dilakukan pada 19 siswa (6 perempuan dan 13 laki-laki) dari kelas X Elektronika A SMKN 1 Dlingo. Instrumen yang digunakan adalah instrumen aktivitas siswa dan instrumen hasil belajar. Dalam penelitian ini nilai KKM adalah 60. Sedangkan tingkat keaktifan siswa minimal cukup (>80 persen). Data aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 46% dan pada siklus 2 sebesar 11% sehingga penggunaan pendekatan STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK berhasil.
References
Asiyah, N., Prihandono, T., & Yushardi. (2021). Peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media animasi 3D. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 178-184.
Dwiastuti, R. S. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray pada materi ajar sistem pemerintahan pusat. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, 7(1), 1-7.
Fitriani, M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar (studi pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) di kelas VII SMP Negeri 2 kota Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 277-288. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.18525
Hariyanto, E. (2019). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dengan pendekatan kontekstual. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 313-320. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2397
Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). Pengaruh pembelajaran contextual teaching learning terhadap hasil belajar PKN murid sekolah dasar. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42-47.
Ilyas, A., & Zulmardi, Z. (2021). Efektivitas kelompok kerja guru dalam peningkatan profesionalisme guru pendidikan agama islam (GPAI) sekolah dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 11. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3321
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.
Kihanggara, M. P. (2014). Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar dasar-dasar otomotif siswa SMK Piri 1 Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/29319/1/Maiwan PK 08504244027.pdf
Kuncono, R. A., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2019). Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kerja sama siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 298-306. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22936
Mardiah. (2021). Penerapan pembelajaran kooperatif teknik STAD melalui papan monopoli untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar fisika. Educational Technology Journal, 1(1), 1-10.
Mariani, M. (2021). Penggunaan model pembelajaran tipe student team achievement divisions dalam meningkatkan prestasi belajar fisika untuk siswa SMAN 4 Tebo. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(2), 200-206. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.608
Meidianasari, H. (2021). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan metode kooperatif STAD pada siswa sekolah dasar kelas V. Educatio, 7(3), 1061-1067.
Muzakki, M. N. S., Daryono, D., Damayanti, A. M., & Mujiwati, Y. (2021). Efektifitas metode pembelajaran student-centered learning pada learning management system di universitas PGRI Wiranegara. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional (Pro-Trapenas), 1(1), 263-272. https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/view/216
Prastiti, W. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Metro. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 62-75.
Precalya, H. M. (2021). Link & match pendidikan sebagai ideologi neoliberalisme (analisis wacana tentang dominasi elit dalam pendidikan kejuruan di indonesia). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(4), 1416-1425. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2561
Respati, Y. A. (2018). Collaborative learning dalam upaya peningkatan keaktifan mahasiswa pada proses pembelajaran. Jurnal Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 15-23.
Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, Rif'an, A., & Arifin, A. (2021). Penelitian tindakan kelas (M. Arif (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sucipta, I. W. (2021). Penerapan model pembelajaran stad dengan menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 102-114. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1111
Sumilat, J. M., & Matutu, V. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa sekolah dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 865-870. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.392
Zacharias, M. E. (2021). Metode cooperative tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar tematik bahasa indonesia materi pembelajaran menceritakan kembali teks petualangan, di Kelas VI SD Gmit Oebelo. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(1), 26-33.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.