Penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) sebagai upaya peningkatan hasil belajar fisika siswa

Authors

  • Miskijem Miskijem Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dlingo

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v13i1.23200

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Penelitian Tindakan Kelas digunakan sebagai metode penelitian berdasarkan model Kemmis dan McTaggart. Paradigma ini dimulai dengan perencanaan, kemudian ke tindakan, kemudian ke observasi, dan akhirnya ke kegiatan refleksi dan penilaian. Dalam dua siklus, penelitian ini dilakukan pada 19 siswa (6 perempuan dan 13 laki-laki) dari kelas X Elektronika A SMKN 1 Dlingo. Instrumen yang digunakan adalah instrumen aktivitas siswa dan instrumen hasil belajar. Dalam penelitian ini nilai KKM adalah 60. Sedangkan tingkat keaktifan siswa minimal cukup (>80 persen). Data aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 46% dan pada siklus 2 sebesar 11% sehingga penggunaan pendekatan STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK berhasil.

References

Asiyah, N., Prihandono, T., & Yushardi. (2021). Peningkatan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media animasi 3D. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 178-184.

Dwiastuti, R. S. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray pada materi ajar sistem pemerintahan pusat. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, 7(1), 1-7.

Fitriani, M. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar (studi pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) di kelas VII SMP Negeri 2 kota Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 277-288. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i2.18525

Hariyanto, E. (2019). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) dengan pendekatan kontekstual. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 313-320. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2397

Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). Pengaruh pembelajaran contextual teaching learning terhadap hasil belajar PKN murid sekolah dasar. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 42-47.

Ilyas, A., & Zulmardi, Z. (2021). Efektivitas kelompok kerja guru dalam peningkatan profesionalisme guru pendidikan agama islam (GPAI) sekolah dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 11. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3321

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Kihanggara, M. P. (2014). Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar dasar-dasar otomotif siswa SMK Piri 1 Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/29319/1/Maiwan PK 08504244027.pdf

Kuncono, R. A., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2019). Pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kerja sama siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 298-306. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22936

Mardiah. (2021). Penerapan pembelajaran kooperatif teknik STAD melalui papan monopoli untuk meningkatkan partisipasi siswa dan hasil belajar fisika. Educational Technology Journal, 1(1), 1-10.

Mariani, M. (2021). Penggunaan model pembelajaran tipe student team achievement divisions dalam meningkatkan prestasi belajar fisika untuk siswa SMAN 4 Tebo. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 1(2), 200-206. https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.608

Meidianasari, H. (2021). Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan metode kooperatif STAD pada siswa sekolah dasar kelas V. Educatio, 7(3), 1061-1067.

Muzakki, M. N. S., Daryono, D., Damayanti, A. M., & Mujiwati, Y. (2021). Efektifitas metode pembelajaran student-centered learning pada learning management system di universitas PGRI Wiranegara. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional (Pro-Trapenas), 1(1), 263-272. https://ojs.uniwara.ac.id/index.php/protrapenas/article/view/216

Prastiti, W. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 5 Metro. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 62-75.

Precalya, H. M. (2021). Link & match pendidikan sebagai ideologi neoliberalisme (analisis wacana tentang dominasi elit dalam pendidikan kejuruan di indonesia). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(4), 1416-1425. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2561

Respati, Y. A. (2018). Collaborative learning dalam upaya peningkatan keaktifan mahasiswa pada proses pembelajaran. Jurnal Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 15-23.

Saputra, N., Zanthy, L. S., Gradini, E., Jahring, Rif'an, A., & Arifin, A. (2021). Penelitian tindakan kelas (M. Arif (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sucipta, I. W. (2021). Penerapan model pembelajaran stad dengan menggunakan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XII MIPA 8 SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 22(1), 102-114. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1111

Sumilat, J. M., & Matutu, V. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions) untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa sekolah dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 865-870. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.392

Zacharias, M. E. (2021). Metode cooperative tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar tematik bahasa indonesia materi pembelajaran menceritakan kembali teks petualangan, di Kelas VI SD Gmit Oebelo. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(1), 26-33.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles