PERSEPSI SISWA TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DI SMPN 1 KERINCI

Rani Manisa Putri, Putri Yulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kelas, selanjutnya dapat merekomendasikan kepada para guru untuk dapat meningkatkan kemampuan dalam mengelola kelas siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar yang menyenangkan, disiplin serta dapat mengatur ruang belajar yang rapi dan nyaman untuk digunakan pada saat siswa belajar. peneletian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dikumpulkan dengan melalui angket yang diberikan kepada siswa kelas 8 di SMPN 1 Kerinci. Dalam pengelolaan kelas, salah satu cara guru mengatasi permasalahan kelas yaitu dengan mengatur tempat duduk siswa sesuai dengan metode mengajar guru sebelum memulai materi sehingga siswa leibih nyaman dalam belajar.


Keywords


Teacher’s ability, learning discipline, class management

Full Text:

PDF

References


Agustin, N., & Maryani, I. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). UAD PRESS.

Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi guru dalam mengelola kelas di sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439-446.

Faruqi, D. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa melalui pengelolaan kelas. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 294-310.

Maharani, S., Gistituati, N., Hadiyanto, H., & Ermita, E. (2021). Persepsi Siswa tentang Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru di SMK Negeri 1 Painan. Journal of Educational Administration and Leadership, 2(1), 36-40.

Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan disiplin belajar dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Novelza, I. D., & Yulia, P. (2023). Analisis Profesionalisme Guru Matematika Madrasah Aliyah Negeri. Didactical Mathematics, 5(1), 74-80.

Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.

Puspitaningrum, E. (2017). Kemampuan guru dalam pengelolaan kelas di SD Negeri Minomartani 2. Basic Education, 6(1), 28-39.

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118-4125.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Rachman, A., & Agustian, M. (2016). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Pengelolaan Kelas di SDN 23 Pagi Palmerah Jakart. Jurnal Perkotaan, 8(2), 75-93.

Ratnasari, D., & Yulia, P. (2018). Efektivitas model pembelajaran pbldan taiterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswakelas vii smp negeri 47 batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 1-8.

Rejeki, N. S., & Suwardi, S. (2021). Pengaruh kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap pembelajaran efektif di taman kanak-kanak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 37-48.

Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.

Sari, N. M., & Yulia, P. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Matematika di Madrasah Tsanawiyah. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 73-82.

Sari, R. N., & Yulia, P. (2017). Analisis Hubunganadversity Quetient Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan. JURNAL DIMENSI, 6(3).

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75-84.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Widiastuti, H. (2012). Peran Guru Dalam Membentuk Siswa Berkarakter.Wirantasa, U. (2017). Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1).

Yulia, P. (2015). Hubungan antara motivasi berprestasi dan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Riau Kepulauan Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).

Yulia, P. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP N 16 Batam Tahun Pelajaran 2014/2015. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v10i2.26420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rani Manisa Putri, Putri Yulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.