HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL, KEMAMPUAN NUMERIK, DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAJANGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018.

Fatimah Nurkandela, Uus Kusdinar

Abstract


Hasil observasi di SMP Negeri 1 Pajangan ditemukan beberapa masalah, yaitu sebagian siswa tidak menyukai matematika dan menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan, kemampuan numerik dan kemampuan verbal dan hasil belajar matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan siginifikan antara kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan disposisi matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul Tahun ajaran 2017/2018.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 1 Pajangan kabupaten bantul tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 151 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling dan diperoleh perwakilan dari kelas A, C dan E yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode angket untuk mengetahui disposisis matematis dan metode tes untuk mengetahui kemampuan verbal, numerik dan hasil belajar matematika. Uji inStrumen menggunakan uji validitas, daya beda dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji independen, dan uji linearitas. Analisis data untuk hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan disposisi matematis dengan hasil belajar matematika,  diperoleh Fhitung =  3,1955 dan Ftabel = 2,9011 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,4801 dan persamaan regresi linear ganda tiga variabel yaitu . Besar sumbangan  relatif X1 = 37,35 %, (X2) = 58,694%, X3 = 3,95% dan besar sumbangan efektif X1 = 8, 6099 %, %, X2 = 13,5304%, X3 = 0,9116%.


Full Text:

PDF

References


Ajeng, Nadzifah Daniyati dan Sugiman. 2015. “Hubungan Antara Kemampuan verbal, Kemampuan Iterpersonal, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika†.Phytagoras. Volume 10 – Nomor 1, Juni 2015.

Ali Imran, Hasyim. 2017. “Peran Sampling Dan Distribusi Data Dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatifâ€. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Volume 21- Nomor 1, Juni 2017.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta : depdiknas

Hendriana, Heris. 2017. Hard Skils dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.

Mandur, Kanisius dkk. 2013. “Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggaraiâ€. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika. volume 2 tahun 2013.

Santrock, John W. 2008. Psikologi pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sugiyono. 2013 .Statistika Untuk Penelitian .Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v8i1.23020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fatimah Nurkandela, Uus Kusdinar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.