Pengembangan Buku Kartun Fisika Berbasis Kontekstual untuk Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Gelombang dan Bunyi

Intan Fauziyyah

Abstract


Telah disusun sebuah buku teks pelajaran dalam bentuk kartun. Buku ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami konsep fisika tentang gelombang dan bunyi. Sebagian siswa berpendapat bahwa buku fisika yang mereka miliki tidak menarik karena disesaki tulisan dan rumus-rumus yang membingungkan. Pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (eveluation) Validasi produk memperoleh penilaian dari ahli materi sebesar 80,6 %, ahli media sebesar 81,5 %, dan peer reviewers sebesar 85,4%. Keseluruhan hasil penilaian termasuk dalam kategori SangatBaik (SB). Produk kemudian di ujicobakan kepada 20 siswa kelas IX SMP N 2 Lengkong Nganjuk menggunakan instrumen berupa angket. Hasil penilaian oleh guru IPA SMPN 2 Lengkong Nganjuk sebesar 91,16% dan hasil rata-rata penilaian oleh 20 siswa kelas IX di SMPN 2 Lengkong Patianrowo sebesar 92,0% dengan kategori Sangat Baik (SB).

 

A learning text book had been compiled in a cartoon form. This book was aimed to help student absorb sound and wave concept slighter. Some students said that their regular physic book was not interesting because of full of texts and formulas. ADDIE was used in this research which stands for Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. By the evaluation from experts, the product gained 80,6% for the content, 81,5% for the media aspect, and by peer reviews 85,4% has gained. At overall score gained, the product could be categorized in very good level. 20 students of SMP N 2 Lengkong Nganjuk have implemented this product which then filld the survey to gain their responds. Based on the survey, it gained 92,0% and from their teacher 91,16% which categorized in very good level.

 

Kata kunci: kartun fisika, gelombang, bunyi


Full Text:

PDF

References


Prastoeo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Refika Aditama.

Supriadi. (2008). Penggunaan Kartun Matematika dalam Pembelajaran Matematika.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar & Proses Pendidikan. Wina Sanjaya: Kencana Media Group.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Yustiniadi, D. (1996). Tentang Kartun. Semarang: Effhar & Dahara Prize.

Sugiyomo. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v3i1.4540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats