Pengembangan media pembelajaran video stop motion materi fluida statis

Lailatul Husniah, Suci Prihatiningtyas, Ino Angga Putra

Abstract


Abstrak. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video Stop Motion dalam pembelajaran fisika materi fluida statis berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subyek Penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA. Instrumen berupa angket respon peserta didik. Berdasarkan analisis data diperoleh: validasi kelayakan video Stop Motion oleh dosen ahli materi memperoleh skor 4,3 dalam kategori baik, sedangkan uji relibilitas menunjukkan percentage agreement sebesar 86,6 % (reliabel). Sedangkan hasil dari validasi kelayakan video Stop Motion oleh ahli media memperoleh skor 4,1 dalam kategori baik, sedangkan uji relibilitas menunjukkan percentage agreement sebesar 83,1 % (reliabel). Dapat disimpulkan bahwa video Stop Motion materi fluida statis sangat layak dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran Fisika.

Kata kunci: media pembelajaran, video stop motion, fluida statis

 

Abstract. The research and development aim to determine the feasibility of Stop Motion video learning media. This study refers to the ADDIE development model. As the subject of the study were students of class XI of SMA. The instruments used in the study were student questionnaire responses. Based on the data analysis of the study obtained: the feasibility validation of stop motion video by material expert scored 4,3 in the very good category, while reliability testing showed a percentage agreement of 86.6%, (reliable); the results of the feasibility validation of stop motion video by media expert scored 4,1 in the very good category, while reliability testing showed a percentage agreement of 83.1%, (reliable). It can be concluded appropriately and can be used as an alternative to Physics Learning Media.

Keywords: learning media, stop motion video, static fluids


Full Text:

PDF

References


Permendikbud Nomor 65, Tentang Standar proses pendidikan dasar dan menengah, Jakarta: Depdiknas, 2013.

Daryanto, Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2016.

A. Muhson, "Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi," Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, vol. 8, no. 2, 2010.

B. Purwanti, "Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model ASSURE," Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, vol. 3, no. 1, 2015.

A. S. Ranang, H. Basnendar and N. P. Asmoro, Animasi Kartun dari Analog Sampai Digital, Jakarta: Indeks, 2010.

R. A. Nugroho, W. Wakidi and S. Arif, " Media Pembelajaran Gambar Dengan Animasi Stopmotion Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI," Pesagi (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah), vol. 4, no. 3, 2016.

D. S. Asyhar, "Penggunaan Compact Disc (CD) Pembelajaran Stop Motion Animation sebagai Media Pembelajaran Materi Gerak Pada Tumbuhan di SMP 2 Bukateja," in Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang, 2013.

R. Moreno and R. E. Mayer, "Animation as an aid to multimedia learning," Educational Psychology Review, vol. 14, no. 1, pp. 87-98, 2002.

G. Hoban and W. Nielsen, "Creating a narrated stop-motion animation to explain science: The affordances of “Slowmation†for generating discussion," Teaching and Teacher Education, vol. 42, pp. 68-78, 2014.

K. T. Sun, C. H. Wang and M. C. Liu, "Stop-motion to Foster Digital Literacy in Elementary School," Comunicar, vol. 25, no. 51, pp. 93-103, 2017.

Giancoli, Fisika Edisi 5 Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2001.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.

E. Mulyatiningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2012.

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-ariabel, Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v7i1.14625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 lailatul husniah


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats