PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU SOSIAL (Studi Eksperimental di Kelas IV SD 02 Muktiwari Cibitung Kabupaten Bekasi Tahun 2014/2015)

Yayan Alpian

Abstract


Gaya kognitif (Field Independent dan Field Dependent) yang dimiliki oleh individu menjadi salah satu faktor internal mendukung penciptaan hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik metode pembelajaran kooperatif make a match dan think pair share terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Ilmu Sosial.

Penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimental dengan menggunakan Desain dengan level 2 x 2 dengan deret double variance test (ANOVA 2x2). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Muktiwari 02 Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dengan cara teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dan pengujian simple effect dengan Uji Tuckey.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi antara metode pembelajaran cooperative (teknik Make a match dan teknik Think Pair Share) dengan gaya kognitif dan berpengaruh terhadap tinggi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Keywords


metode pembelajaran kooperatif; gaya kognitif; hasil belajar ilmu sosial

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Edisi Kelima diterjemahkan oleh Noor Cholis dan Yusi Avianto Pareanom. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika, 2008.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Hamdayama, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Kefee, Jame W. Learning Style Theory and Practice. Virginia: NASSP Association Driven, 1987.

Lie, Anita. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Grasindo, 2002

Nurhasanah, Ana. “Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Metode Cooperative Teknik Think Pair Share” Tesis, Universitas Negeri Jakarta, 2012.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media, 2005.

Suprijono, Agus. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana, 2013.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2007.

Zaitun, Marwah. “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganeraan tentang Lembaga-lembaga Negara melalui Metode Cooperative Teknik Make a match” Tesis, Universitas Negeri Jakarta, 2011.

Zakiah, Aghniyani. “Pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual (contextual teaching & learning) Bermedia VCD dan LKS terhadap pencapaian Kompetensi mata pelajaran sejarah ditinjau dari gaya kognitif siswa” Tesis, Universitas Sebelas Maret, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats