UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM MEMBUAT PANTUN SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH

Juriyah Juriyah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan edukatif untuk meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis puisi untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran pada tahun akademik 2013/2014 yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan ada satu pertemuan di setiap siklus. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan memberikan tes (pre-test dan post-test). Penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis data dari hasil penelitian. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan edukatif mampu meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis puisi untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran. Hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata pra-siklus adalah 66,75. Pada siklus I, nilai rata-rata prestasi siswa adalah 70,33. Sementara nilai rata-rata prestasi siswa pada siklus II adalah 78,91. Rata-rata prestasi siswa adalah meningkat dari siklus I adalah 3,58%, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 8,58%.


Keywords


game pendidikan, puisi, prestasi siswa, pembelajaran bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Alben, Ambarita. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta : Departemen Nasioanal Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan

Andang, Ismail. (2006).Education Games. Yogyakarta : Pilar Media

Dadan, Djuanda. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif Menyenangkan.Jakarta : Depdiknasdikti.

Darmadi, Kaswan&Nirbaya, Rita. (2008). Bahasa Indonesia 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Indriyani,Umri Nuraini. (2008).Bahasa Indonesia untuk Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Maykes, Tedjosaputra S. (2001). Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta : Grasindo.

Noname, (2008) Penulisan Pantun. Artikel. Diambil dari http://www.crayonpedia.org/mw/Penulisan Pantun 7.1 diakses pada tanggal 16 Juli 2014

Suharsimi, Arikunto,dkk.(2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Sunarto. (2009) Pengertian Prestasi Belajar. Artikel diambil dari http.//sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/ Pengertian-Prestasi Belajar/. Diakses pada tanggal 18 Juli 2014

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Warsidi, Edi&Farika. (2008). Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk Kelas 5 SD Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a2511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats