PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, E., Sujana, A., & Kurniadi, Y. (2015). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Mimbar Sekolah Dasar, Volime. 2 No. 2,Hal: 234-242.
Alhadad, S. F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Ekowati, E., & Guntoro, K. Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal Open Ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tinggi. Pythagoras Jurnal Pendidikan Matematika, Volume. 4 No. 2, Hal: 1-13.
Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Volume. 3 No. 2, hal: 91-99.
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. Pena Ilmiah, Volume. 1 No. 1, hal: 1061-1070.
Hartini, T. I., Kusdiwelirawan, A., & Fitriana, I. (2014). Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume. 3 No.1. Hal. 8-11.
Muhsinin, U. (2013). Pendekatan Open Ended pada Pembelajaran Matematika. Edu-Math, Volume 4 Tahun. 2013.
Ngafifah, N. (2014). Penggunaan model open ended learning untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas iv sekolah dasar. Kalam cendekia PGSD kebumen, Volume. 5 No. 4.
Noer, S. H. (2011). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume. 5 No 1 hal: 104-111.
Novikasari, I. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. Insania, Volume. 14 No. 2, Hal: 346-364.
Parwati, N. N. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Open-ended Problem Solving. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume. 18 No. 1. Hal: 65-70.
Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Volume. 3 No. 02, Hal: 184-192.
Setiawan, Raden Heri, dan Idris Harta. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume. 1. No. 2, Hal: 240-256.
Wahyudi. 2014. Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume. 1 No. 1, hal: 28-47
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id
JPSD journal indexed at:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.