UPLIFTING SPEAKING SKILL THROUGH COMMUNICATIVE APPROACH AT GRADE V OF PADURENAN II STATE ELEMENTARY SCHOOL IN BEKASI OF ACADEMIC YEAR 2016 / 2017

Atie Hidayati

Abstract


Keterampilan siswa kelas V SDN Padurenan II dalam berbicara masih rendah. Ini dibuktikan dengan skor rata-rata sebelum memberikan tindakan, yaitu 66,67% atau dapat diartikan belum lengkap. Guru masih menerapkan metode pengajaran klasik dan metode pengajaran yang hanya didasarkan pada buku pedoman saja. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang termotivasi sehingga mereka belum dapat meningkatkan keterampilan mereka di speaker port.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkomunikasikan pendekatan keterampilan berbicara pada siswa Sekolah Dasar.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Padurenan II di Bekasi di mana subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VA yang melibatkan 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru yang merupakan guru yang melekat pada kelas VA dan kolaborator adalah guru sebaya dari kelas VB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Pendekatan komunikatif pada siswa kelas V dengan tema satu "Objek di Lingkungan Tentang," sub-tema "Manusia dan Lingkungan". Sedangkan pada siklus I sebanyak 19 siswa (63,3%) selesai, dan 11 siswa (36,7%) belum tuntas. Setelah semua dua tema 'Peristiwa dalam Kehidupan', sub-tema "Jenis Peristiwa dalam Kehidupan", sebanyak 30 siswa (100%) telah selesai dengan nilai rata-rata 78,60.

Keywords


Berbicara; Pendekatan; komunikatif

Full Text:

PDF

References


Arsjad, Maidar G. & Mukti U.S. 1998.Development of Indonesian Speaking Capability. Jakarta: Erlangga

Asih. 2015. Learning Strategy of Indonesian Language, Bandung: Loyal Library.

Azie Furqanul & Chaedar Alwasilah. 2002. Communicative Language Teaching. Bandung: Rosda

Eggen, Paul & Don Kauchak. 2007. Educational Psychology. Usa: Pearson.

Ghazali, Gratitude. Language Learning Skills. Bandung, Aditama.

Hopkins, David. 2011. Teacher's Guide Research Class Action Research (A Teacher's Guide Classroom Research). Yogyakarta: Learning Library.

Hurlock, Elizabeth B. 2002. Developmental Psychology. Jakarta: Erlangga.

Madya, Suwarsih. 2011. Action Research - Action Research. Bandung: Alfabeta

Meleong, Lexy. 2005. Qualitative Research Methodology. Bandung: Youth Rosda Works.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Assessment of Language Learning. Yogyakarta: BpFE.

Nurjamal, Daeng. 2014. Skillful Speaking. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2005. Research Methodology of Competency Education and Practice. Jakarta: Earth Literacy.

Sumadayo, Samsu. 2013. Classroom Action Research. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suyadi. 2012. Teacher Guide Class Action Research Class (PTK) and School Action Research (PTS). Yogyakarta: Andi Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats