UPLIFTING SPEAKING SKILL THROUGH COMMUNICATIVE APPROACH AT GRADE V OF PADURENAN II STATE ELEMENTARY SCHOOL IN BEKASI OF ACADEMIC YEAR 2016 / 2017
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Padurenan II di Bekasi di mana subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VA yang melibatkan 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru yang merupakan guru yang melekat pada kelas VA dan kolaborator adalah guru sebaya dari kelas VB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Pendekatan komunikatif pada siswa kelas V dengan tema satu "Objek di Lingkungan Tentang," sub-tema "Manusia dan Lingkungan". Sedangkan pada siklus I sebanyak 19 siswa (63,3%) selesai, dan 11 siswa (36,7%) belum tuntas. Setelah semua dua tema 'Peristiwa dalam Kehidupan', sub-tema "Jenis Peristiwa dalam Kehidupan", sebanyak 30 siswa (100%) telah selesai dengan nilai rata-rata 78,60.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsjad, Maidar G. & Mukti U.S. 1998.Development of Indonesian Speaking Capability. Jakarta: Erlangga
Asih. 2015. Learning Strategy of Indonesian Language, Bandung: Loyal Library.
Azie Furqanul & Chaedar Alwasilah. 2002. Communicative Language Teaching. Bandung: Rosda
Eggen, Paul & Don Kauchak. 2007. Educational Psychology. Usa: Pearson.
Ghazali, Gratitude. Language Learning Skills. Bandung, Aditama.
Hopkins, David. 2011. Teacher's Guide Research Class Action Research (A Teacher's Guide Classroom Research). Yogyakarta: Learning Library.
Hurlock, Elizabeth B. 2002. Developmental Psychology. Jakarta: Erlangga.
Madya, Suwarsih. 2011. Action Research - Action Research. Bandung: Alfabeta
Meleong, Lexy. 2005. Qualitative Research Methodology. Bandung: Youth Rosda Works.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Assessment of Language Learning. Yogyakarta: BpFE.
Nurjamal, Daeng. 2014. Skillful Speaking. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2005. Research Methodology of Competency Education and Practice. Jakarta: Earth Literacy.
Sumadayo, Samsu. 2013. Classroom Action Research. Yogyakarta: Graha Ilmu
Suyadi. 2012. Teacher Guide Class Action Research Class (PTK) and School Action Research (PTS). Yogyakarta: Andi Publisher
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id
JPSD journal indexed at:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.