PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN RAWAJATI 06 PAGI

Farida Soraya, Yurniwati Yurniwati, Ucu Cahyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif tentang konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model classroom action research (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Negeri Rawajati Pagitahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan post tes. Teknik post tes yaitu dengan evaluasi dan observasi. Evaluasi digunakan untuk menjaring data tentang kemampuan berpikir kreatif konsep pecahan. Sementara observasi digunakan untuk menjaring data tentang penggunaan pendekatan Realistic Matematics Education.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang telah mencapai KKM hanya 57,14%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai KKM 89,29%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran konsep pecahan dengan penerapan pendekatan Realistic Matematics Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif materi pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Rawajati 06 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Keywords


Pendidikan Matematika Realistik; berpikir kreatif; pecahan

Full Text:

PDF

References


Ambarjaya, Beni S. 2008. Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas Publishing.

Amir, Zubaidah, dkk. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogjakarta: Aswaja Pressindo.

Deswita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eka, Lestari Karunia, dkk. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Febriani, Winarti Dwi. 2017. Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dan Pembelajaran Langsung Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. Tesis Metematika SD: Universitas Pendidikan Indonesia.

Haji, Saleh. 2004. Jurnal Eminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Bandung: 19 Desember.

Hamzah, M. Ali, dkk. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ismail, dkk. 2015. Pembaharuan Dalam Pembelajaran Matematika. Pamulang: Universitas Terbuka.

Kusumah, Wijaya, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Mahayukti, Gusti Ayu, dkk. 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Bali: Jilid 46 Nomor 1.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. 2012. Jakarta: PT Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats