Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Peminatan Ekstrakurikuler Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Siswa Mts N Sumber Kabupaten Rembang Berbasis Web

Khuli Handayani, Dhidik Prastiyanto, Sugeng Purbawanto

Abstract


Dalam penentuan peminatan ekstrakurikuler di MTs N Sumber Rembang wali kelas dan waka kurikulum mengalami kendala koordinasi dalam menentukan peminatan ekstrakurikuler sehingga proses peminatan ekstrakurikuler membutuhkan waktu yang agak lama. Terkait hal tersebut maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan peminatan ekstrakurikuler yang mampu memberikan solusi alternatif dalam proses peminatan ekstrakurikuler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem pendukung keputusan yang dapat memudahkan MTs N Sumber Rembang dalam menentukan peminatan ekstrakurikuler. Metode yang digunakan dalam mengembangkan sistem adalah metode waterfall dimana tahapan-tahapan metode tersebut adalah analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi sistem, pengujian sistem dan pemeliharaan sistem. Untuk pengujian sistem menggunakan pengujian white box dan pengujian kualitas sistem dengan standar ISO 9126. Hasil yang didapatkan dari pengujian white box atau uji kasus pada sistem menunjukkan masing-masing test case adalah valid. Hasil implementasi dari sistem melalui pengujian kualitas sistem menunjukkan bahwa Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Peminatan Ekstrakurikuler Menggunakan Metode SAW Pada Siswa MTs N Sumber Rembang Berbasis Web sangat layak digunakan oleh wali kelas, TU dan pembina ekstrakurikuler dalam menentukan peminatan ekstrakurikuler di MTs N Sumber Rembang.

Keywords


Simple Additive Weighting (SAW); Sistem Pendukung Keputusan (SPK); Peminatan Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Yanti, Noor. 2016. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa untuk Menjadi Warga Negara yang Baik Di SMA Kopri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Vol.6, No.11

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No.62 Tahun 2014. Kegiatan Ekstrakurikuler Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Hamditika. 2013. Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Integrasi Sosial Siswa SMA Negeri 1 Segodong. Jurnal : FKIP UNTAN

Supriyanti, Wiwit. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pendukung Penerima Beasiswa dengan Metode SAW. Citec Journal : Vol.1, No.1, ISSN : 2354-5771.

Rohayani, Hetty. 2013. Analisis Sistem Pendukung Keputusan dalam Memilih Program Studi Menggunakan Metode Logika Fuzzy. JSI : Vol.5, No.1, e-ISSN : 2355-4614.

Elistri, Melisa dkk. 2014. Penerapan Metode SAW dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma. Jurnal Media Infotama : Vol.10, No.2, ISSN 1858-2680.

Heldiansyah dkk. 2015. Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Alat Kesehatan Berbasis Web Pada PT. Alfin Fanca Prima. Jurnal POSITIF : Tahun I, No. 1 : 37-45

Dwi hartanto, Anggit. 2012. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Di Koperasi KOPMA UGM Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal DASI : Vol.13, No.2, ISSN : 1411-3201.

Khasanah Nidaul, Fata dkk. 2015. Fuzzy MADM for Major Selection at Senior High Shcool. IEEE : Information Technology, Computer and Electrical Engineering (ICITACEE).

Saniyya Puspitasari, Fairuz. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Peminatan Siswa Pada SMA Negeri 1 Bojong. Skripsi : AMIKOM YOGYAKARTA.

Rosmiati, Mia. 2015. Analisis Dan Perancangan E-Service untuk Pelanggan Pada Jaya Bersama Konveksi. IJSE : Vol. 1, No. 1, ISSN : 2461-0690.

Sanusi, Akhmad. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Fuzzy SAW Untuk Penilaian Kinerja Dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal. Jurnal : Universitas Dian Nuswantoro.

Joko Usito, Nugroho. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Proses Belajar Mengajar Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Tesis : Universitas Diponegoro.

Firdausa. 2016. Model Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Menggunakan Metode SAW. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, ISSN: 2302-3805.

Pathy, Sarita et al. 2015. A Review On Code Coverage Analysis. IJCSET : Vol. 6, No.10, ISSN : 2229-3345.

Sidi Mustaqbal, M dkk. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal JITTER : Vol.1,No. 3, ISSN : 2407-3911.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jiteki.v4i1.8755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
 


Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika
ISSN 2338-3070 (print) | 2338-3062 (online)
Organized by Electrical Engineering Department - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/jiteki
Email 1: jiteki@ee.uad.ac.id
Email 2: alfianmaarif@ee.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Teknik Elektro, Lantai 6 Sayap Barat, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia