EFIKASI DIRI, DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui hubunganantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (2) Mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan self regulatedlearning (3) Mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga denganself regulated learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa KelasVIII SMP Muhammadiyah. Total sampel penelitian berjumlah 62 siswayang dipilih dengan tekhnik cluster random sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Skala Self Regulated Learning, Skala Efikasi Diri dan Skala Dukungan Sosial Keluarga. Datakemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasilanalisis data menunjukkan: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikanantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (r=0,837, p=0,000) (2). Ada hubungan positif yang sangatsignifikan antara efikasi diri dengan self regulated learning (r = 0,836p=0,000). (3). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungansocial keluarga dengan self regulated learning (r = 0,418 p=0,002).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwisol. (2005). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press
Bandura, A. (1997). Self Efficacy : The Exercise of Control. New York: Freemanand Company.
Baron. R.A. & Byrne. D. (2003). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta:Erlangga.
Hurlock, E.B. (2001). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan SepanjangRentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga
Johnson. D. W, Johnson. F. (1991) Joining Together. Group Theory and GroupSkill. Fourth Edition. Englewood Cliffts. Prentice Hall Inc
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta : PrenadaMedia Group
Smet. B.( 1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Grasindo
Zimmerman, B.J. (1990). Self Regulated Learning and Academic Achievement:An Overview. Educational Psychologist. 25(1), 3-17. Lawrence ErlbaumAssociates.
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal
ISSN 1693-7236 (print), 2598-6368 (online)
Email : humanitas@psy.uad.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.