Kecenderungan Pola Asuh Permisif dan Kepercayaan Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa

Annisa Mentari Fatwati, Fuadah Fakhruddiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai hubungan antara kecenderungan pola asuh permisif dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada siswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP sebanyak 61 orang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Motivasi Berprestasi, Skala Persepsi Kecenderungan Pola Asuh Permisif dan Skala Kepercayaan Diri. Analisis data penelitian dengan menggunakan teknik analisis uji-t yaitu regresi ganda dan korelasi parsial. Berdasarkan dari hasil analisis yang telah dilakukan, hipotesis yang diajukan dalam penelitian yaitu adanya hubungan antara kecenderungan pola asuh permisif dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi diterima dengan nilai R = 0,588, p = 0,000 (p < 0,01). Sumbangan yang diberikan pola asuh permisif dan kepercayaan diri terhadap motivasi berprestasi sebanyak 34,5%. Hasil korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan negatif antara kecenderungan pola asuh permisif dengan motivasi berprestasi dan terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kecenderungan pola asuh permisif dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi.


Keywords


Kecenderungan pola asuh permisif, Kepercayaan diri, Motivasi berprestasi.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2010). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap tingkat agresivitas anak. Jurnal MEDTEK, 02, 1 - 7.

Akhdinirwanto, R. W. (2011). Peningkatan motivasi belajar fisika melalui metode demonstrasi pada siswa SMP negeri 5 Wates. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Yogyakarta: Mei 14.

Alwisol.(2012). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Atmosiswoyo, S., & Subyakto, H. (2002). Anak Unggul Berotak Prima. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Azwar, S. (2005).Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2011). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial. Edisi revisi. Jakarta: Erlangga.

Bee, H & Boyd, D. 2007. The Developing Child. USA: Paramount Publisher.

Berk, L.E. (1994). Child Development. Boston: Allyn and Bacon.

Chaplin, J.P. (2004). Kamus Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Davidoff, L. L. (n.d). Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Dehyadegary, E., Yaacob, S.N., Bte Juhari, R., Talib, M.A. (2012). Relationship between parenting style and academic achievement among Iranian adolescents in Sirjan. Asian Social Science, 8 (1), 156 – 160.

Driscoll, L.C. (2013). Parenting Styles and Selfesteem. Scripps Senior Theses. Paper 155.

Fatimah, E. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Setia.

Farradinna, S. (2012). Motivasi berprestasi atlet muda dalam menghadapi pekan olahraga nasional tahun 2012 ditinjau dari kepercayaan diri. Psikologika, 17, 53 - 59.

Febriany, R., & Yusri.(2013). Hubungan perhatian orangtua dengan motivasi belajar siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, 02, 08 - 16.

Fitriani, A., Arjanggi, R., & Rohmatun.(n.d). Perception about the system Educate Permisif of Parents with Cinderella Complex at Female Students. Jurnal Proyeksi, 05, 29-38.

Garliah, L., & Nasution, F. K. S. (2005). Peran pola asuh orang tua dalam motivasi berprestasi. Psikologika, 01, 1 - 10.

Goel, M., & Aggarwal, P. (2012). A comparative study of self-confidence of single child and child with sibling. International Journal of Research in Social Scienes, 2, 89 - 98.

Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. D. (2004). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.

Hadipranata, A. F., Walgito, B., Adisubroto, D., Masrun., dkk. (2000). Peran Psikologi di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasan, S. S., & Khalid, R. (2012). Differences in a achievement motivation and its salient components among high and low achieving students. Pakistan Journal of Psychology, 43, 27 - 40.

Hutapea, B. (2010). Studi komparatif tentang motivasi berprestasi pada atlet kempo propinsi DKI Jakarta ditinjau dari keribadian. Psikobuana, 01, 199 - 209.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Indraputra, D. A. (2009). Hubungan intensitas bermain game online dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa.Skripsi. (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Jannah, M. (2013).Hubungan antara konflik peran ganda dan dukun dan suami dengan motivasi berprestasi. Skripsi. (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan.

Joshi, S., & Acharya, N. (2013). Home Environment and Achievement Motivation of Adolescene. Sosial Science International, 29, 105 -120.

Junaedit.(2012). 79 Persen Siswa Niat Belajar karena UN. Diunduh dari http://edukasi.kompas.com/read/2012/04/2 1 / 1 0 5 0 3 8 4 7 /79.Persen.Siswa.Niat.Belajar.karena.UN.2 September 2013.

Karwati, E. (2009). Membangun daya saing bangsa melalui pendidikan: refleksi profesionalisme guru di era globalisasi. Seminar Internasional. Bandung.

Kordi, A. & Baharudin, R. (2010). Parenting attitude and style and its effect on children’s school achievements. International Journal of Psychological Studies, 2 (2), 217-222

Kusnia, S., & Rahayu, S. A. (2010). Hubungan antara dukungan sosial dan kepercayaan diri remaja tuna netra. Jurnal Penelitian Psikologi, 01, 40 - 47.

Lie, A. (2003). 1001 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Munandar, U. (2003). Kreativitas dan Keterbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nuraeni, D. (2010). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII & VIII di SLTPN I lumbang pasuruan. Skripsi. (tidak terbitkan). Malang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim.

Perry, M. (2005).Confidence Booster: Pendongkrak Kepercayaan Diri. Jakarta: Esensi.

Panjiang, P. (2009). Achievement motivation, adjustment and self-confidence among participant and nonparticipants of college activity. PhD thesis, Universiti Utara Malaysia

Purwanto.(2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Richards, G. (2010). Psikologi. Yogyakarta: Penerbit BACA.

Rohsantika, N. Y., & Handayani, A. (n.d). Persepsi terhadap pemberian insentif dengan motivasi berprestasi pada pemain sepak bola. Jurnal Proyeksi, 04, 63 - 70.

Rumiani.(2006). Prokrastinasi akademik ditinjau dari motivasi berprestasi dan stress mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 03, 37 - 48.

Santrock, J. S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukadji, S., & Badingah, S. (1994). Pola asuh, perilaku agresif orangtua, dan kegemaran menonton film kekerasan sebagai prediktor perilaku agresif. Jurnal Psikologi. 01: 21-29.

Susanti, F. K. (2008). Hubungan antara kepercayan diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP santa maria fatima. Jurnal Psiko-edukasi, 06, 21 - 33.

Thoha, M. (2011).Perilaku Organisasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Turner, E. A., Chandler. M., & Heffer. R. W. (2009). The influence of parenting styles, achievement motivation, and self-efficacy on academic performance in college sudents. Journal of College Student Development, 50, 337 - 346.

Umasugi, S. C. (2013). Hubungan antara regulasi emosi dan religiusitas dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Empathy, 02, 01 - 19. Undang-undang RI nomor 20 tahun, bab 1 pasal 1 (ayat 1) tentang Sistem Pendidikan Nasional. http://UU20-2003-Sisdiknas.pdf. 2 Maret 2013.

Walgito, B. (2004). Bimbingan dan Konseling (studi dan karir). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wiranegara, C. (2010). Dahsyatnya Percaya Diri: Total Self-Confidence. Yogyakarta: New diglossia.

Yusuf, S. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v11i1.2323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal
ISSN 1693-7236 (print), 2598-6368 (online)
Email : humanitas@psy.uad.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats
 

View My Stats