Validitas buku ilmiah populer penyu untuk siswa SMA kawasan pesisir

Irwandi Irwandi(1*), Atiek Winarti(2), Muhammad Zaini(3)
(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author
DOI : 10.26555/bioedukatika.v7i1.9424

Abstract

Pendidikan lingkungan perlu ditunjang dengan sumber belajar yang relevan. Sumber belajar menggunakan buku ilmiah populer dipadukan dengan potensi lingkungan siswa menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan pada proses pembelajaran. Siswa akan lebih mudah mengikuti karena dekat dengan kehidupan siswa, sehingga menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menantang, dan menerapkan proses pembelajaran bervariasi. Penelitian pengembangan bertujuan untuk menguji validitas prototipe buku ilmiah populer yang berjudul "Penyu Penyangga Kehidupan Pulau Sembilan Kotabaru". Metode pengembangan yang digunakan ialah Plomp dan Nieveen yang dibatasi pada fase evaluasi formatif. Uji data dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 1 Pulau Sembilan dengan jumlah tiga orang siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen lembar validasi dan angket keterbacaan siswa. Data validitas dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis dari aspek validitas memperoleh nilai rata-rata 89,42% masuk dalam kategori sangat valid. Adapun uji keterbacaan memperoleh  nilai rata-rata 87,82% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil di atas, buku ilmiah populer yang dikembangkan menarik, efektif dan efisien untuk digunakan dalam pembelajaran.

 

Validity of the popular turtle scientific book for coastal high school students'. Environmental education needs to be supported by relevant learning resources. Learning resources using popular scientific books combined with the potential of the student's environment becomes a solution to overcome the problems in the learning process. Students will be easier to follow because it is close to students' lives, thus creating learning that is fun, challenging, and applying a varied learning process. Development research aims to examine the validity of a popular scientific book prototype entitled "Penyu Penyangga Kehidupan Pulau Sembilan". The development methods used are Plomp and Nieveen which are limited to the formative evaluation phase. Data testing was carried out on students of class XI of SMAN 1 Pulau Sembilan with a total of three students. Data retrieval using the instrument validation sheet and student readability questionnaire. Validity data were analyzed descriptively quantitative. The results of the analysis of the validity aspect obtained an average value of 89.42% in the very valid category. The readability test obtained an average value of 87.82% with a very good category. Based on the results above, popular scientific books developed are interesting, effective and efficient for use in learning.

Keywords


Buku ilmiah populer; Penyu; Popular science books; SMA pesisir; Turtle; Validity

References


Arsyad, A. (2016). Media pembelajaran (Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPA terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Badan Standar Nasional Pendidikan. Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. , (2006).

Dalman. (2012). Menulis Karya Ilmiah. Diambil dari http://www.rajagrafindo.co.id/produk/menulis-karya-ilmiah/

Danaswari, R. W., & Roviati, E. (2013). Pengembangan bahan ajar dalam bentuk media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x SMAN 9 Cirebon pada pokok bahasan ekosistem. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2). https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v2i2.477

Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. Pedoman umum pengembangan bahan ajar sekolah menengah atas. (2004).

Hasruddin, Pratiwi, N., & Harahap, F. (2014). The development of problem-based applied microbiology textbook. International Journal of Education and Research, 2(9), 187–194. Diambil dari http://www.ijern.com/journal/2014/September-2014/16.pdf

Innaja, C. L., Subchan, W., & Suratno, S. (2015). Uji resistensi ulat grayak (Spodoptera litura F.) terhadap insektisida bahan aktif sipermetrin pada tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) serta pemanfaatannya sebagai buku ilmiah populer (Universitas Jember). Diambil dari http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/67008/Choyrul Lulu%27 Innaja - 110210103078.pdf?sequence=1

Khairiyah, U., Tjandrakirana, & Widodo, W. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA pendekatan scientific pada pokok bahasan pencemaran lingkungan untuk melatihkan life skills siswa SMP dan meningkatkan hasil belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sain, 5(2), 1016–1022. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/513/366

Komaruddin. (2007). Kamus istilah karya tulis ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Millah, E. S., Budipramana, L. S., & Isnawati. (2012). Pengembangan buku ajar materi bioteknologi di kelas XII SMA IPIEMS Surabaya berorientasi sains, teknologi, lingkungan dan masyarakat (SETS). Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 1(1), 19–24. Diambil dari http://

jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/344/266

Mohammad, R. F., & Kumari, R. (2007). Effective use of textbooks: A neglected aspect of education in Pakistan. Journal of Education for International Development, 3(1), 1–11. Diambil dari http://citeseerx.ist.

psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.533.1185&rep=rep1&type=pdf

Mulyati, Y. (2002). Pokok-pokok pikiran tentang penulisan modul bahan ajar dan diklat. Diambil dari http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196008091986012-YETI_

MULYATI/POKOK_PIKIRAN_TTG_MODUL_(PPPG_02).pdf

Muslich, M. (2010). Text book writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nisa’ina, A., Prihatin, J., & Fikri, K. (2015). Pengaruh ekstrak daun kemangi (Ocimum americanum L.) terhadap kualiatas spermatozoa mencit (Mus musculus L.) strain balb-c dan pemanfaatannya sebagai buku ilmiah populer (Universitas Jember). Diambil dari http://repository.

unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/65723/110210103069_Akmalia Nisa’ina.pdf?sequence=1

Pangesti, F. (2012). Pengembangan bahan ajar pendidikan berpikir (kritis dan kreatif) berbahasa indonesia SMA melalui pembelajaran lintas mata pelajaran. Diambil dari http://jurnal-online.um.ac.id/data/

artikel/artikel285C26E2B1E88FF769234C6254865E8A.pdf

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An introduction to educational design research. Proceedings of the Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), 23–26. Shanghai: PR China.

Rakedzon, T., & Baram-Tsabari, A. (2017). To make a long story short: A rubric for assessing graduate students’ academic and popular science writing skills. Assessing Writing, 32, 28–42. https://doi.org/10.1016/J.ASW.2016.12.004

Ramdhayani, E., Ibrahim, M., & Madlazim, M. (2015). Pembelajaran sikap melalui analogi dalam mengajarkan biologi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 874–884. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/494

Sariyem, S. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis siswa kelas tinggi SD Negeri di Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 329–340. https://doi.org/10.21009/JPD.072.11

Slameto. (2010). Belajar & faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media pembelajaran: Hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian.

Trim, B. (2014). Pelatihan penulisan buku ilmiah populer. Bogor.

Universitas Jendral Soedirman. (2016). Panduan insentif penulisan buku, seminar, dan publikasi ilmiah. Diambil dari https://docplayer.info/

-Universitas-jenderal-soedirman-panduan-insentif-penulisan-buku-seminar-dan-publikasi-ilmiah.html

Wahab, A., Wasis, W., & Indana, S. (2016). Pengembangan bahan ajar komik pada materi sistem transportasi makhluk hidup untuk menumbuhkan minat baca dan meningkatkan hasil belajar. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1090–1096. Diambil dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/view/524/377

Wati, H. M., Susantini, E., & Rahayu, Y. S. (2015). Validitas bahan ajar berbasis metakognitif pada materi anabolisme karbohidrat. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 4(3), 957–962. Diambil dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/13423/12322

Wibowo, W. (2008). Berani menulis artikel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Widayati, S., Rochmah, & Zubaedi. (2009). Biologi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional.

Wilujeng, I. (2016). Pengintegrasian potensi lokal dalam pembelajaran IPA alternatif peningkatan daya saing global. Prosiding Seminar Nasional IPA VII, 680–688. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yasin, M., Priyatni, E. T., & Suyono, S. (2016). Implementasi bahan ajar membaca berbasis masalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 25 Malang. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(2), 197–206. https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i2.191

Zakyah, Suratno, & Subchan, W. (2016). Pengaruh struktur pasir terhadap tingkat keberhasilan penetasan telur penyu hijau (Chelonia mydas L.) di Sukamade Taman Nasional meru betiri serta pemanfaatannya sebagai buku ilmiah populler (Universitas Jember). Diambil dari http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/79032/Zakyah - 120210103086 %23.pdf?sequence=1


Article Statistic

Abstract view : 116 times
PDF views : 0 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.