Penerapan Metode Diskusi-Presentasi Dipadu Analisis Kritis Artikel melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Komunikasi

Zuni Mitasari, Nugroho Aji Prasetiyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan penerapan metode diskusi-presentasi dipadu dengan  analisis kritis artikel dalam meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan komunikasi mahasiswa pada matakuliah Biologi Umum. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui Lesson Study (LS) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, setiap siklus menggunakan langkah-langkah PTK yang terdiri atas empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi dan terintegrasi dengan tiga tahapan LS, yaitu (1) plan, (2) do, dan (3) see. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata pemahaman konsep mahasiswa pada tiga materi yang diajarkan yaitu 82%. Rata-rata nilai kelas hasil kemampuan berpikir kritis pada siklus I, II, dan III secara berurutan, yaitu 76, 87, dan 90. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dari siklus I ke II dan siklus II ke III sebesar 15% dan 3,4%. Rata-rata nilai kemampuan komunikasi pada siklus I, II, dan III secara berurutan, yaitu 52, 63, dan 63. Peningkatan kemampuan komunikasi dari siklus I ke II dan dari siklus II ke III secara berurutan sebesar 21% dan 0%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi-presentasi dipadu dengan analisis kritis artikel dapat meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan komunikasi mahasiswa.

Kata kunci: Diskusi-Presentasi, Analisis Kritis, Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis, Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Anderson dan Krathwol. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: Revition of Blooms Taxonomy Educational Objectives. New York: Longman.

Aswandi. 2006. Guru sebagai Peneliti. (Online). (http://www.pontianakpost.com), diakses 11 Desember 2015.

Dewan Riset Nasional. 2013. Analisis Kritis. (Online). (www.drn.go.id/index.php /en/47-artikel-iptek/7-analisis-kritis), diakses tanggal 19 Desember 2015.

Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposititions and Abilities. (Online), (http://faculty.education.Illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureofCriticalThinking_51711_000.pdf), diakses 11 Desember 2015.

Filsaime, D. K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Hassoubah, Z. I. 2004. Developing Creative and Critical Thinking skills (Cara Berpikir Kreatif dan Kritis). Bandung: Nuansa.

Kusumawati, S. N. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Otak melalui Learning Cycle terhadp Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMK Kota Malang. Tesis Tidak Diterbitkan.Malang: PPs UM.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marzano, et al. 1988. Dimensions of Thinking: A Framework for Curiculum and Instruction. Alexandris Association for Supervision and Curriculum Development.

Moleong, L. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, S. 2006. Pelatihan Lesson Study untuk Guru-guru Berprestasi Tingkat Nasional. Laporan Kegiatan Pelatihan Tahun 2006.

Purwanto, N. 2008. Prinsip-prinsip Evaluasi dan TeknikEvaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Setiawan, D. C. 2013. Pengaruh Strategi Reciprocal Teaching Dipadu Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Kemampuan Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMAI Al Maarif Singosari Malang. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: PPs UM.

Somantri, N. 2005. Metode Presentasi dengan Ms Power Point untuk Mengembangkan Kemampuan Writing dan Speaking. Artikel. Pendidikan Network. http://researchengines.com/0305somantri2.html), diakses 15 Desember 2015.

Sukanti. 2008. Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VI. No. 1. Tahun 2008.

Syamsuri, I dan Ibrohim. 2007. Lesson Study (Studi Pembelajaran). Malang: UM Press.

Ulya, H. 2011. Hubungan antara Kemampuan Berkomunikasi dengan Hasil Belajar Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i1.4736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia