Penerapan Model Pembelajaran NHT melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa pada Matakuliah Biologi Umum

Nugroho Aji Prasetiyo, Zuni Mitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan mengemukakan pendapat mahasiswa yang menempuh matakuliah biologi umum dengan menerapkan model pembelajaran Number Head Together (NHT) NHT melalui Lesson study (LS). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditempuh dengan tujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran secara nyata di dalam kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan tindakan (observation) dan refleksi (reflection), pada setiap pertemuan menerapkan tahapan LS, yaitu plan, do, dan see. Berdasarkan hasil analisis data nilai pemahaman konsep mahasiswa meningkat dari siklus I ke siklus III, yaitu  70,74% pada siklus I, 80% pada siklus II dan 81,3% pada siklus III. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat mahasiswa meningkat dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I jumlah persentase nilai kemampuan mengemukakan pendapat mahasiswa sebesar 80,63%, meningkat menjadi 87,7% pada siklus II, dan sebesar 87,85% pada siklus III. Model pembelajaran NHT melalui LS mampu meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan mengemukakan pendapat mahasiswa

Kata kunci: NHT, LS, pemahaman konsep, kemampuan mengemukakan pendapat

Full Text:

PDF

References


Anindawati, H.D. 2013. Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa [online] http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium/article/download/3266/229Diakses pada tanggal 17 Maret 2016.

Arends, R. I. 2007. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ibrohim. 2010. Paduan Pelaksanaan Lesson Study di KKG. Malang:Universitas Negeri Malang.

Munafiah, S. 2011. Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton dengan Menggunakan Media Pembelajaran Visual Berbasis Macromedia Flash Kelas X-1 MA AL Ahrom Karangsari Karangtengah Demak Tahun Pelajaran 2011/2012[online]http://library.walisongo.ac.id/digilib/download.php?id=20972 Diakses pada tanggal 17 Maret 2016.

Parera, J.D. 2010. Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta: Erlangga.

Sahara, N. 2012. Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIISMP Negeri 1 Batuatas pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua peubah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT[online] http://pendidikanmatematika.files.com/2009/03/kooperatif_tipe_nht.doc Diakses pada tanggal 17 Maret 2016.

Silangit, E. P. 2012 Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Kelas V Melalui Metode Kooperatif Tipe NHT Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Swasta Nusantara Lubuk Pakam[online] http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMEDUndergraduate-30358BAB%20I.pdf Diakses pada tanggal 17 Maret 2016.

Susilo, dkk. 2011. Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayumedia Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i1.4734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View J.Bioedukatika Stats

JURNAL BIOEDUKATIKA
ISSN 2338-6630 (Print) | ISSN 2541-5646 (Online)
Organized by Department of Biology Education
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Jl.Ringroad Selatan, dk Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia