ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENGGUNAKAN KONTEKS GUNUNG DEMPO PADA MATA KULIAH TEORI HIMPUNAN

Habibi Habibi, Reza Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan konteks Gunung Dempo pada mata kuliah Teori Himpunan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 23 orang mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1, STKIP Muhammadiyah Pagar Alam tahun ajaran 2023/2024. Kemudian dari hasil jawaban mahasiswa yang sudah ada, dipilihlah 3 hasil jawaban mahasiswa untuk dianalisis sesuai dengan pendapat Newman. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dalam format soal cerita. Soal tes yang diberikan yaitu soal cerita menggunakan konteks Gunung Dempo pada mata kuliah Teori Himpunan. Berdasarkan hasil analisis kesalahan jawaban mahasiswa, ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal, yaitu: 1) mahasiswa tidak memahami pertanyaan yang diajukan; 2) kurangnya ketelitian mahasiswa dalam menjawab soal; 3) kesalahan mahasiswa dalam menggunakan tanda operasi hitung untuk menyelesaikan soal; dan 4) kesulitan mahasiswa dalam mengubah soal ke bentuk model matematika yang benar.

Keywords


Analisis Kesalahan Mahasiswa, Konteks Gunung Dempo, Teori Himpunan.

Full Text:

PDF

References


Andriani, L. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Meyelesaikan Soal Himpunan di Program Studi Pendidikan Matematika UIN SUSKA Riau. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). pp. 550-562.

Clements, M. N. 1980. The Newman Procedure For Analysing Errors On Written Mathematical Tasks.

Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Listiani, T. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Prosedur Newman [an Analysis of Primary Teacher Education Students Solving Problems in Statistics for Educational Research Using the Newman Procedure. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 83. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203.

Dwidarti, U., Mampouw, H.L, & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Fatimah, S. (2019). Analysis Of Difficulty Learning Calculus Subject For Mathematical Education Students. 8(03), 80–84.

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57-64.

Habibi, H., & Prahmana, R. C. I. (2022). Kemampuan Literasi Matematika, Soal Model PISA, dan Konteks Motif Batik Tulis Jahe Selawe. Jurnal Varidika, 33(2), 116-128.

Imamuddin, M., Isnaniah., Aulia, A., Zulmuqim., & Nurdin, S. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Kesulitan Belajar Siswa Madrasah Dalam Belajar Mata Pelajaran Matematika. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1).

Janan, T., Sitaresmi. P.D.W., & Nuryami. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Teori Himpunan Pada Mata Kuliah Himpunan Dan Logika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2).

Leung, A. Y., Chan, W., Tang, K., & Chan, W. (2009). in the Past Twenty-Five Years in Hong Kong. Educational Research Journal, 24(1).

Noprianilubis, J., Panjaitan, A., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Analysis Mathematical Problem Solving Skills of Student of the Grade VIII-2 Junior High School Bilah Hulu Labuhan Batu. Novelty Journals, 4(2), 131–137.

Nurdiawan., & Zanthy, L.S. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman. Journal On Education, 1(3).

Pratiwi, R., & Anita, I. W. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(6), 1637-1646.

Ratnasari, S., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan. Journal On Education, 01(02), 473–479.

Setiawan, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Barisan Dan Deret Matematika Berbasis Multimedia Interaktif. AKSIOMA, 7(3).

Siswandi, E., & Sujadi, I. (2016). Ditinjau Dari Perbedaan Gender (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta). 4(7), 633–643.

Umam, M. D. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan. MATHE dunesa, 3(3), 131–134.

UPTD KPH Wilayah X Dempo. (2022). Wisata Gunung Dempo. Diakses tanggal 29 Oktober 2023 dari https://kmisfip2.menlhk.go.id/news/detail/1325




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v11i2.29027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Habibi Habibi, Reza Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.