HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL, KONSEP DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Luthfie Ghany Yahya, Aris Thobirin

Abstract


Belajar siswa dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Kemampuan awal, konsep diri, dan lingkungan keluarga merupakan beberapa faktor yang diduga dapat mempengaruhi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara kemampuan awal, konsep diri dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII semester II di salah satu SMP Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di sekolah yang sama di tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, dan VIIE yang keseluruhan berjumlah 168 siswa. Diperoleh kelas VIIB yang berjumlah 35 siswa sebagai kelas sampel penelitian dengan teknik random sampling terhadap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh data kemampuan awal, metode angket untuk memperoleh data konsep diri dan lingkungan keluarga, dan metode tes untuk hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan awal, konsep diri dan lingkungan keluarga dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII Di salah satu SMP Muhammadiyah di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh yaitu dengan dan dengan , dengan Sumbangan Relatif , Sumbangan Relatif dan Sumbangan Relatif , sedangkan Sumbangan Efektif , Sumbangan Efektif dan Sumbangan Efektif.


Keywords


Kemampuan Awal, Konsep Diri, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan Cetakan I. Jakarta: Bumi Aksara.

Hevriansyah, Prana, and Priarti Megawati. (2016). "Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika." JKPM 37 - 44.

Hurlock, Elizabeth B. (2001). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rieneka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 
AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN 2355-8199 (print) | 2775-5746 (online)
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Email 2: admathedust@pmat.uad.ac.id
Office Address: Kantor Program Studi Pendidikan Matematika, Lantai 7, Kampus 4 UAD, Jl. Ringroad Selatan, Tamanan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.