EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Pembelajaran matematika yang digunakan di sekolah jarang dikaitkan dengan masalah yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester genap Di salah satu SMP Negeri di kabupaten Bantul tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian suluruh siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling terhadap kelas. Diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilaksanakan pembelajaran kontekstual dan pada kelas kontrol dilaksanakan pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data berupa tes. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak. Berdasarkan hasil uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 diperoleh thitung = 2,2174 dan ttabel = 2,0024, sehingga thitung > ttabel menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kontekstual berbeda dengan hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran langsung. Dari uji-t satu pihak dengan taraf signifikan 5% dan dk = 58 diperoleh thitung =2,2174 dan ttabel = 1,6719, sehingga thitung > ttabel menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan pembelajaran kontekstual lebih efektif daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran dan Pendidikan menengah. Jakarta: Depdiknas.
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar proses. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.