HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII Di salah satu MTs Negeri di Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di salah satu MTs Negeri di Kabupaten Ngawi semester genap tahun ajaran 2017/2018, yang keseluruhan berjumlah 272 siswa dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling terhadap kelas diperoleh kelas VII D. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk memperoleh data fasilitas belajar dan kebiasaan belajar serta metode tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Uji instrumen penelitian: uji validitas, uji daya beda, dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji independensi. Analisis data menggunakan analisis product moment dan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII semester genap Di salah satu MTs Negeri di Kabupaten Ngawi tahun ajaran 2017/2018.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gie, The Liang. (2002). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.
Nasution, S. (1988). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2014). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling (Study & Karir). Yogyakarta : Andi offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedust.v7i2.22499
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Mathematics Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education - Universitas Ahmad Dahlan
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdust/index
Email 1: harina.fitriyani@pmat.uad.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.