OPTIMASI PENJADWALAN PRODUKSI MINYAK KELAPA SAWIT DENGAN METODE GUPTA

Widi Ihdina Nabilla, Rina Filia Sari

Abstract


Penjadwalan adalah proses mengendalikan, mengatur, dan memaksimalkan suatu pekerjaan serta beban kerja dalam proses produksi, yang bertujuan untuk meminimalkan waktu proses produksi. Penelitian ini berisi tentang penjadwalan produksi minyak kelapa sawit dengan menghitung waktu produksi setiap job, dengan mencari nilai makespan yang optimal di salah satu PT. Perkebunan Nusantara. Untuk megoptimalkan penjadwalan mesin digunakan metode GUPTA. Penelitian ini menghasilkan penjadwalan produksi pada mesin dengan urutan J2-J3-J5-J4. Dengan metode GUPTA nilai makespan (overtime) yang dihasilkan 920 menit sedangkan dari perusahaan nilai makespan (overtime) nya 840 menit.

Keywords


Optimasi; Penjadwalan Produksi; GUPTA; Makespan; Flowshop

Full Text:

PDF

References


Darmawan & Pramestari. 2018. Analisis Penjadwalan Produksi Produk Oxygen Sensor dengan Method Heuristic GUPTA dan Campbell Dudek Smith di PT.Denso Indonesia. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, Vol 2, No 3, November 2018.

C Mashuri, dkk. 2021. Analisis Perbandingan Metode Campbell Dudek Smith dan GUPTA Untuk Optimasi Penjadwalan Produksi. Generation Journal, Vol 5, No 1, Januari 2021.

C Mashuri, dkk. 2020. Sistem Optimasi Penjadwalan Mesin Produksi Menggunakan Metode GUPTA Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi, Vol 1, Maret 2020.

Fathurrohman, dkk. 2020. Optimasi Penjadwalan Produksi Menggunakan Metode Campbell Dudek Smith. Jurnal Industri Xplore, Vol 5, No 2, September 2020.

Luviana & Diah. 2018. Analisis Penjadwalan Produksi Produk Oxgen Sensor Dengan Metode Heuristic GUPTA dan Campbell, Dudek, and Smith di PT. Denso Indonesia. Jurnal IKRA-ITH Teknologi, Vol 2, No 3.

Marie & Elis. 2017. Penjadwalan Optimal Tipe Produksi Flowshop Dua Tahap Menggunakan Metode Branch and Bound Dengan Memperhatikan Waktu Transportasi. Jurnal Kubik Matematika, Vol 2, No 1.

T Virdyra & Radiyan. 2018. Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Optimasi Penjadwalan Produksi Minyak Kelapa Sawit Menggunakan Algoritma Genetika. Jurnal Teknik dan Informatika, Vol 5, No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v12i2.24995

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 WIDI IHDINA NABILLA, WIDI IHDINA NABILLA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com