PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS FILSAFAT PADA MATERI BALOK

Zuli Nuraeni, Kgs M Syahrur Ramadhon, Rifdah Luthfiyah, Syifa Restania Putri, Weni Weryani, Somakim Somakim, Meryansumayeka Meryansumayeka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Filsafat pada materi balok untuk siswa SMP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini mendeskripsikan tahapan pengembangan LKPD berbasis filsafat. Penelitian ini menggunakan tahapan model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, observasi, wawancara semi tersrtuktur dan dokumentasi. Hasil daripenelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengembangkan LKPD dibutuhkan evaluasi di setiap tahapannya. Evaluasi diperoleh dari saran dosen dan rekan sejawat. Pada tahap implementasi nanti, barulah peneliti mendapatkan data dari jawaban subjek, hasil wawancara, serta hasil observasi sehingga menghasilkan LKPD berbasis Filsafat yang terdiri atas 4 Kegiatan, dimana ada satu kegiatan untuk Ontologi, dua kegiatan untuk Epistemologi, dan Aksiologi yang hanya berisi satu kegiatan.

Keywords


Pengembangan;Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD);Filsafat;Balok

Full Text:

PDF

References


Alfira, A., Rahmad, and Azhar, 2017, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Kecerdasan Komprehensif berbasis Model PBL pada Pembelajaran Fisika Kelas X Tingkat SMA. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1-9.

Asih, N. C, 2018, Pengaruh Filsafat Dalam Pembelajaran Matematika SD. Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan dasar 2018 (p. 341). Menteng: SDS Bellarminus Menteng.

Asnaini, 2016, Pengembangan LKPD berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga. Lantanida Journal, 4(1): 208-219.

Astuti, Bernadita, I. V, 2016, Efektivitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bilangan Bulat Ditinjau dari Hasil Belajar dan Pemahaman Siswa Kelas VII Compassion SMP Johannes Bosco Yogyakarta. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Basri, M. Y, 2017, Deskripsi Pemahaman Konsep Fungsi. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2): 93-102.

Budiarto, M. T., and Artiono, R, 2019, Geometri dan permasalahan dalam pembelajarannya (suatu penelitian meta analisis). Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 1(1): 9-18.

Fauzi, K. M. A., Dirgeyase, I. W., and Priyatno, A, 2019, Building Learning Path of Mathematical Creative Thinking of Junior Students on Geometry Topics by Implementing Metacognitive Approach. International Education Studies, 12(2): 57-66.

Istikharah, R. and Simatupang, Z, 2017, Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) kelas X SMA/MA pada materi pokok protista berbasis pendekatan ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. 12(1): 1-6.

Kok, B., and Davasligil, U, 2014, The effect of Teaching Geometry Which is Differentiated based on the Parallel Curriculum for Gifted/ Talanted Student on Spatial ability. Journal for the Education of the Young Scientist and Giftedness. 2: 40-52.

Lestari, K. W, 2014, Konsep Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal, Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini.

Linarwati, M., Aziz F., and Minarsih, M. M, 2016, Studi Deskriptip Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2).

Marsigit, 2004, Mengembangkan nilai-nilai filosofis matematika dalam pembelajaran matematika menuju era global. Dipresentasikan pada Stadium Generale UIN, 24 Desember 2004.

Mutia, M, 2017, Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Konsep Kubus Balok dan alternatif pemecahannya. Beta Jurnal Tadris Matematika: 83-102.

Noto, M. S., Priatna, N., and Dahlan, J. A, 2019, Mathematical proof: The learning obstacles of pre-service mathematics teachers on transformation geometry. Journal on Mathematics Education, 10(1): 117-125.

Prabowo, A, 2009, Aliran-Aliran Filsafat dalam Matematika. JMP, 1(2): 25-45.

Santrock, J. W, 2008, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suryanto, S, 2011, Lembar Kerja Siswa (LKS). Makalah yang disampaikan dalam acara pembekalan guru daerah terluar, terpencil, dan tertinggal di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta tanggal 26 November-6 Desember.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v12i1.20751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zuli Nuraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
P-ISSN: 2088-687X || E-ISSN: 2656-7040
Organized by: Department of Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education
Publisher: Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Email: admathedu@gmail.com