Meningkatkan enterpreneurial leadership pada mahasiswa melalui experiential learning team project

Authors

  • Reny Yuniasanti Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Martaria Rizky Rinaldi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Komang Mahadewi Sandiasih Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jptp.v6i1.27405

Keywords:

Entreprenurial leardership, experential learning team, project, college student

Abstract

Entreprenurial leardership di Indonesia masih rendah dan perlu diupayakan untuk peningkatannya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain one group pretest-posttest design yang memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode experential learning team project untuk meningkatkan entrepreneurial leardership pada mahasiswa. Responden penelitian ini sebanyak 32 orang dipilih dengan metode purposive sampling dengan karakteristik mahasiswa psikologi yang belum pernah mengambil mata kuliah psikologi komunitas dan sociopreneurship, serta perkuliahan secara tatap muka di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experential learning team project dapat meningkatkan entrepreneurial leadership mahasiswa (t=-14,15, p<0,05). Artinya, intervensi melalui metode experential learning team project mampu memberikan dampak positif dalam mengembangkan keterampilan enterpreneurial leadership di kalangan mahasiswa psikologi. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan   experential learning team project dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas entrepreneurial leadership di lingkungan pendidikan tinggi.


 

Author Biography

Reny Yuniasanti, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Faculty of Psychology

Downloads

Published

2024-05-26

Issue

Section

Articles